Sepi Peminat, Honda Putuskan Stop Produksi Civic Sedan

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Sepi Peminat, Honda Putuskan Stop Produksi Civic Sedan
Honda Civic generasi ke-10. Sebagai ilustrasi [Dok Honda].

Tidak ada masalah teknis atas Honda Civic sedan. Namun kondisi ini membuatnya mesti berhenti diproduksi.

Suara.com - Honda Jepang memutuskan untuk menghentikan produksi Honda Civic sedan setelah penjualannya tidak lagi menggembirakan.

Mengutip Rushlane, tercatat penjualan Honda Civic sedan di Jepang sepanjang 2019-2020 hanya terjual 1.619 unit. Pencapaian ini menunjukkan bahwa popularitas salah satu sedan andalan Honda tadi tak lagi begitu baik untuk pasar dalam negeri.

Sementara jajaran produk Honda lain mengalami trend yang lebih baik. Salah satunya Honda N-Box yang terjual lebih dari 250.000 unit dalam periode sama.

Meskipun tidak ada yang salah dengan sedan Civic, trend saat ini menunjukkan bahwa preferensi pelanggan mulai mengalami perubahan di pasar Jepang dan mengarah ke tipe mobil dengan dimensi lebih kecil seperti Kei Car.

Faktor-faktor pendorong lain adalah lalu lintas di kota-kota Jepang yang padat, kurangnya tempat parkir dan pajak yang lebih tinggi untuk mobil berdimensi besar. Itu sebabnya Kei Car berdimensi lebih kecil mulai populer di Negeri Sakura.

Rencananya Honda akan menghentikan produksi Civic di Jepang pada Agustus 2020. Namun, produk lain seperti model Honda Civic Type R dan hatchback 5 pintu akan tetap dipertahankan.

Sebagai informasi, dihentikannya produksi Civic sedan di negara asalnya adalah untuk kedua kalinya. Sebelumnya model ini sempat dihentikan di Jepang pada 2010 dan kembali di produksi pada 2017. Hal serupa terjadi di pasar India, di mana Civic dihentikan pada 2013 dan kembali dipasarkan pada Maret 2019 dengan menghadirkan generasi ke-10.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS