Elons Musk: Teknologi Kemudi Otonom Penuh Tesla Akan Rampung Akhir 2020

Liberty Jemadu
Elons Musk: Teknologi Kemudi Otonom Penuh Tesla Akan Rampung Akhir 2020
Logo Tesla. [Shutterstock]

Beberapa mobil Tesla sendiri sudah dibekali teknologi swakemudi, meski belum yang Level 5.

Suara.com - Pendiri Tesla, Elon Musk, pada pekan ini mengklaim bahwa perusahaan mobil listriknya bisa mengembangkan mobil swakemudi dengan sistem kemudi otomatis penuh pada akhir 2020.

"Saya yakin bahwa level 5 atau otonomi penuh akan terwujud. Menurut saya it akan terwujud dalam waktu sangat cepat," kata Musk dalam pesan video yang diputar di sebuah pameran teknologi di Shanghai, China, Kamis (9/7/2020).

"Saya masih yakin bahwa kami akan berhasil merancang fungsionalitas dasar (mobil swakemudi) pada tahun ini," imbuh dia.

Meski demikian klaim Musk ini banyak ditanggapi dengan pesimis. Alasannya Musk sebelumnya pernah keliru meramalkan teknologi mobil swakemudi. Ia pernah bilang bahwa mobil swakemudi Tesla rampung pada 2018. Pada 2019 lalu ia pernah bilang sistem swakemudi akan rampung di awal 2020.

Teknologi kemudi otonom pada mobil swakemudi mencapai kesempurnaan pada Level 5. Di level ini, mobil benar-benar bisa melaju dan bermanuver sendiri dengan bantuan sensor serta radar. Level-level yang lebih rendah masih membutuhkan intervensi manusia selain otak komputer.

Beberapa mobil Tesla sendiri sudah dibekali teknologi swakemudi, meski belum yang Level 5. Dalam pengembangan teknologi swakemudi Tesla sedang bersaing dengan Waymo, yang bersama Google berada di bawah Alphabet, Uber, dan beberapa raksasa otomotif asal China.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS