Menuju New Normal, Penjualan New Carry Melampaui Suzuki XL7

RR Ukirsari Manggalani
Menuju New Normal, Penjualan New Carry Melampaui Suzuki XL7
Tampak samping Suzuki XL7 mulai buritan sampai haluan. Sarat unsur macho [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Produk komersial atau commercial vehicle mengalami kenaikan melebihi passenger car di pabrikan Suzuki. Ini alasannya.

Suara.com - Masa new normal, apakah pasar otomotif Nasional sektor roda empat menunjukkan pergerakan ke arah positif? Contohnya bisa disimak pada carmaker Suzuki. Di mana produk komersial atau commercial vehicle mengatasi penjualan passenger car.

Dikutip dari kantor berita Antara, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mencatat kenaikan pangsa pasar dari 12,9 persen pada Mei 2020 menjadi 14,1 persen untuk Juni 2020. Prestasi ini ditopang oleh penjualan New Carry dan XL7.

"Banyak masyarakat yang menunda membeli mobil karena adanya pembatasan aktivitas (Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB). Tapi sekarang kegiatan masyarakat dan logistik sudah mulai pulih," jelas Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS dalam siaran pers, Selasa (21/7/2020).

"Hal ini mendorong pangsa pasar Suzuki secara retail naik dari 12,9 persen di bulan Mei menjadi 14,1 persen di bulan Juni,” tambahnya.

Dalam memberikan kontribusinya terhadap terhadap peningkatan pangsa pasar retail sales, Suzuki New Carry Pick Up membukukan angkat 56,8 persen. Disusul Suzuki XL7 sebesar 13,5 persen, serta All New Ertiga yang memberikan kontribusi 12,1 persen.

Model-model lain seperti Suzuki SX4 S-Cross, Suzuki New Baleno, Suzuki Jimny, serta New Suzuki Ignis memberikan kontribusi 10,1 persen dari total penjualan Suzuki pada Juni 2020.

Adapun kenaikan penjualan yang dicapai New Suzuki Carry Pick Up sebagai commercial car pada masa transisi PSBB yang melebihi penggunaan kendaraan penumpang disebabkan karena kebutuhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Pandemi COVID-19 membuat keperluan logistik atau bisnis pengiriman barang menuju rumah konsumen mengalami peningkatan.

"Kegiatan logistik dan pengiriman tetap dibutuhkan meski dalam kondisi pandemi. Hal ini yang membuat kontribusi New Carry tetap tinggi," jelas Donny Saputra.

"Tapi kendaraan penumpang juga mulai kembali naik permintaannya, seperti produk lokal terbaru andalan Suzuki, yaitu XL7," pungkasnya.

Catatan dari Redaksi: Mari bijaksana menerapkan aturan jaga jarak dengan orang lain atau physical distancing, sekitar 2 m persegi, dan selalu ikuti protokol kesehatan tata normal baru. Gunakan masker setiap keluar rumah dan jaga kebersihan diri terutama rutin cuci tangan. Selalu saling dukung dan saling jaga dengan tidak berdiri berdekatan, menggerombol, serta mengobrol, dalam mengatasi pandemi Corona Virus Disease atau Covid-19. Suara.com bergabung dalam aksi #MediaLawanCovid-19. Informasi seputar Covid-19 bisa diperoleh di Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081-2121-23119

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS