Jaga Jarak, Kenakan Masker, Mari Perpanjang Izin Mengemudi di SIMLing Ini

RR Ukirsari Manggalani
Jaga Jarak, Kenakan Masker, Mari Perpanjang Izin Mengemudi di SIMLing Ini
Terapkan jaga jarak dan kenakan masker saat mengurus perpanjangan SIM di mall [ANTARA News].

Tersedia empat lokasi SIMLing atau SIM Keliling yang bisa dijangkau secara mudah oleh warga DKI Jakarta.

Suara.com - Polda Metro Jaya kembali mengadakan layanan SIM Keliling atau SIMLing pada Kamis (23/7/2020) untuk warga di Provinsi DKI Jakarta. Dikutip dari kantor berita Antara, lokasi mudah dijangkau serta tersedia pilihan untuk permohonan perpanjangan Surat Izin Mengemudi atau SIM di beberapa mal pula.

Sebagai catatan, perlu diingat bahwa protokol kesehatan mesti diutamakan untuk mengakses layanan ini. Apalagi DKI Jakarta masih berada dalam masa perpanjangan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi perpanjangan fase 1.

Antrian warga mengurus perpanjangan SIM di Pelayanan SIM Keliling Masjid At-Tin, Jakarta Timur, Kamis (4/6). [Suara.com/Alfian Winanto]
Antrian warga mengurus perpanjangan SIM di Pelayanan SIM Keliling Masjid At-Tin, Jakarta Timur, Kamis (4/6). [Suara.com/Alfian Winanto]

Antara lain adalah jaga jarak atau physical distancing dengan para pemohon lain, mencuci tangan dengan sabun di bawah air yang mengalir atau menggunakan hand sanitizer, serta masker menggunakan masker untuk menutup bagian mulut dan hidung. Atau dengan kata lain tidak dijadikan penghias leher.

Adapun layanan SIMLing berlangsung pukul 08.00-15.00 WIB, atau satu jam lebih lama dibanding layanan SIMLing sebelum terjadinya pandemi COVID-19. Dan sebelum menuju lokasi sudah melengkapi persyaratan seperti membawa KTP dan SIM asli serta salinan atau fotokopi, juga hasil pemeriksaan kesehatan, serta mengisi formulir permohonan.

Dan perlu dicatat, bahwa SIMLing melayani perpanjangan SIM, bukan untuk pembuatan baru ataupun mengurus SIM yang telah habis masa berlakunya.

Berikut adalah daftar lokasi empat SIMLing Ibu Kota Jakarta:

  • Jakarta Pusat: layanan SIM Keliling tersedia di depan plaza ITC Cempaka Mas yang terletak di Kecamatan Cempaka Putih
  • Jakarta Barat dan Jakarta Utara: layanan SIM Keliling hadir di Satpas SIM Daan Mogot
  • Jakarta Selatan: layanan SIM Keliling hadir di Kampus Trilogi Kalibata
  • Jakarta Timur: layanan SIM Keliling tersedia di Green Terrace Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Kemudian, layanan SIM juga terdapat di beberapa mall Ibu Kota Jakarta. Gerai SIM di mall yang disediakan Polda Metro Jaya berada di:

  • Gandaria City: Senin - Sabtu, pukul 12.00 - 18.00 WIB
  • Artha Gading: Senin - Sabtu, pukul 12.00 WIB - 18.00 WIB
  • Pluit Village: Senin - Minggu, pukul 12.00 - 18.00 WIB
  • Taman Palem: Senin - Sabtu, pukul 08.00 - 12.00 WIB
  • Lippo Puri: Senin - Sabtu, pukul 10.00 - 16.00 WIB
  • Blok M Square: Senin - Sabtu, pukul 10.00 - 14.00 WIB
  • Pelayanan Publik (MPP): Senin - Jumat, pukul 08.00 - 15.00 WIB
  • Tamini Square: Senin - Sabtu, pukul 11.00 - 19.00 WIB.

Catatan dari Redaksi: Mari bijaksana menerapkan aturan jaga jarak dengan orang lain atau physical distancing, sekitar 2 m persegi, dan selalu ikuti protokol kesehatan tata normal baru. Gunakan masker setiap keluar rumah dan jaga kebersihan diri terutama rutin cuci tangan. Selalu saling dukung dan saling jaga dengan tidak berdiri berdekatan, menggerombol, serta mengobrol, dalam mengatasi pandemi Corona Virus Disease atau Covid-19. Suara.com bergabung dalam aksi #MediaLawanCovid-19. Informasi seputar Covid-19 bisa diperoleh di Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081-2121-23119

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS