Kolaborasi Bridgestone dan Volkswagen Hasilkan Ban Khusus Mobil Listrik

RR Ukirsari Manggalani
Kolaborasi Bridgestone dan Volkswagen Hasilkan Ban Khusus Mobil Listrik
Mobil listrik murni Volkswagen ID.3 yang menggunakan ban buatan Bridgestone [Volkswagen via ANTARA].

Teknologi yang diterapkan antara lain: bobot lebih ringan dari ban konvensional, dan hambatan gulir lebih rendah.

Suara.com - Bridgestone menjalin kolaborasi dengan produsen mobil asal Jerman, Volkswagen untuk melahirkan ban khusus bagi mobil listrik atau Electric Vehicle (EV) Volkswagen ID.3.

Dikutip dari kantor berita Antara, produk Bridgestone ini dinamakan Turanza Eco dan menjadi ban pertama yang mengandung bahan baku lebih sedikit dibandingkan produk pada umumnya.

Senada Volkswagen ID.3 yang ramah lingkungan, ban Bridgestone satu ini mengandalkan teknologi ENLITEN--juga aman dari zat pencemar udara. Turanza Eco memiliki hambatan gulir yang lebih rendah 30 persen dibandingkan ban untuk pemakaian musim panas berlabel premium lainnya, juga berbobot lebih ringan, demikian disebutkan Volkswagen dalam pernyataan resminya, Rabu (12/8/2020).

Berkat teknologi ENLITEN tadi, maka hambatan gulir rendah berkontribusi terhadap kondisi mesin saat melakukan pembakaran. Sehingga konsumsi bahan bakar lebih irit dan emisi CO2 lebiih rendah, dan secara signifikan menghemat pemakaian baterai pada mobil listrik hingga 20 persen dibandingkan ban lainnya. Perolehan ini setara dengan penggunaan bahan baku dengan nilai 2 kg lebih ringan dibandingkan ban konvensional dan regular.

Ban unik Bridgestone. (autoevolution.com)
Ban unik Bridgestone.  Sebagai ilustrasi pabrikan Bridgestone (autoevolution.com)

Dari unsur visual, ban mobil listrik Bridgestone untuk Volkswagen ID.3 ini tampak menerapkan pola telapak tiga dimensi yang memaksimalkan kinerja saat berada di permukaan basah dan kering. Daya cengkeram dan performa kompon juga telah diuji.

Sebagai catatan, penjualan mobil listrik di Eropa meningkat sebesar 58 persen pada kuartal pertama 2020. Adapun jumlah pembelian dari konsumen mencapai 220 ribu unit. Hadirnya ban  khusus untuk kendaraan kategori EV akan membuat kebutuhan akan ban khusus EV ini bakal marak.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS