Perhatian! Ini Alasan Tidak Boleh Memanaskan Mesin Kendaraan Terlalu Lama

Dythia Novianty | Manuel Jeghesta Nainggolan
Perhatian! Ini Alasan Tidak Boleh Memanaskan Mesin Kendaraan Terlalu Lama
Ilustrasi starter mobil. [Shutterstock]

Memanaskan mobil sudah menjadi kebiasaan pemilik mobil sebelum memulai perjalanan.

Suara.com - Memanaskan mobil sudah menjadi kebiasaan pemilik mobil sebelum memulai perjalanan. Biasanya, pemilik mobil akan merasa khawatir bila performa mesin tidak optimal saat dikendarai.

Namun, bagaimana dengan mobil-mobil keluaran terbaru. Apakah masih perlu memanaskan mobil dalam waktu lama sebelum memulai perjalanan?

Mengutip Gardaoto, Sabtu (26/9/2020), memanaskan mobil modern tidak perlu lagi memakan waktu lama. Pada dasarnya, mobil-mobil yang diproduksi di masa sekarang sudah menggunakan teknologi canggih yang mengatur kebutuhan bahan bakar dan udara untuk proses pembakaran agar lebih optimal.

Untuk mesin mobil terbaru sudah didesain untuk bisa menyesuaikan suhu otomatis dengan menggunakan sistem komputer, yang kini sering disebut sebagai mesin injeksi. Oleh karena itu, mesin jenis ini tidak lagi memerlukan waktu yang lama untuk dipanaskan, sebelum digunakan berkendara karena mesin sudah bisa menyesuaikan suhu secara otomatis dan cepat.

Baca Juga: Cara Menangani Radiator Panas Secara Tepat

Tombol start. [Ashutosh Dave/Unsplash]
Tombol start. [Ashutosh Dave/Unsplash]

Kelebihan pertama adalah hanya membutuhkan waktu yang singkat untuk memanaskan mesin kendaraan, karena mesin sudah memiliki kemampuan menyesuaikan suhu.

Emisi dari gas buang lebih rendah karena sistem pembakarannya yang lebih sempurna, sehingga hal ini bisa berakibat positif pada kondisi lingkungan.

Mesin injeksi lebih mudah dalam mengeluarkan tenaga. Hal ini disebabkan karena konstruksi injektornya berada di intake manifold. Sehingga pencampuran bahan bakar lebih homogen dan kerja pembakaran di mesin bisa berjalan dengan sempurna.

Pada dasarnya, memanaskan mesin mobil masih perlu dilakukan, tapi Anda tidak perlu lebih dari 5 menit.

Pasalnya, dengan memanaskan mesin mobil terlalu lama atau lebih dari 5 menit, maka hal itu mampu menimbulkan emisi gas buang yang berlebih. Hal tersebut tentu sangat berbahaya bila dilakukan di ruangan tertutup, sehingga sangat dianjurkan untuk memanaskan mobil di ruangan terbuka atau di luar ruangan.

Baca Juga: Kondisi Mesin Mobil Tetap Hidup Saat Isi Bensin, Apakah Berbahaya?

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS