Mengapa Tiba-tiba Lampu Indikator Airbag Menyala?

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Mengapa Tiba-tiba Lampu Indikator Airbag Menyala?
Panel indikator di dashboard. Perhatikan ikon orang mengenakan seatbelt. Terkadang memunculkan tulisan "SRS". Sebagai ilustrasi [Envatol Elements/Studio_OMG].

Bila lampu indikator airbag menyala, bukan berarti hendak mengembang. Namun ini yang terjadi.

Suara.com - Lampu indikator airbag yang terletak pada dashboard berfungsi sebagai pengingat bagi pengemudi. Apabila kondisinya menyala, artinya ada komponen yang perlu ditelaah.

Karena jarang terjadi, biasanya berpotensi mengundang tanda tanya. Bahkan bisa mendatangkan rasa was-was.

Namun usah khawatir, berikut adalah kutipan dari Auto2000 seputar kejadian menyalanya indikator airbag.

Silakan dicermati, beberapa hal pemicu menyalanya lampu indikator airbag ini. Kemudian lakukan tindak pengamanannya.

Baca Juga: Ada Recall Inflator Airbag, Honda Sediakan Bermacam Layanan Ini

1. Sedang ada gangguan

  • Lampu indikator di mobil memang harus selalu dicek berkala. Salah satunya, indikator airbag menyala tiba-tiba. Sebenarnya kejadian ini sangat jarang terjadi. Lampu iitu mewakili SRS (Supplemental Restraint System) atau sistem pengamanan tambahan.
  • SRS adalag sebutan bagi perangkat keselamatan pada mobil, umumnya berupa airbag (kantong udara) dan sabuk pengaman.
  • Apabila lampu indikator ini menyala, bukan berarti airbag akan terkembang. Namun memberi informasi bahwa terdapat gangguan pada perangkat keselamatan. Baik itu pada komponen airbag, seatbelt, sensor keselamatan, atau bisa juga sistem keamanan mobil.

2. Masalah pada sakelar seatbelt

  • Kemungkinan penyebab pertama indikator airbag menyala tiba-tiba datang dari sistem seatbelt, tepatnya pada sakelar seatbelt. Bisa jadi, sedang ada gangguan di area ini.
  • Fungsi dari sakelar adalah mendeteksi apakah sabuk pengaman telah terpasang atau belum. Jika sakelar seatbelt terganggu, maka lampu indikator airbag pun akan menyala.
  • Untuk itu, saat melihat lampu airbag menyala coba cek sabuk pengaman. Lihat apakah ada kotoran atau benda lain yang mengganjal.

3. Kabel clock spring

  • Selain gangguan pada sakelar seatbelt, lampu indikator airbag yang menyala juga bisa dipicu karena ada masalah pada clock spring.
  • Clock spring adalah sebuah komponen yang menghubungkan unit pengaturan airbag dengan driver module yang terletak pada roda kemudi. Komponen ini terpasang tepat di belakang roda kemudi.
  • Jika indikator airbag menyala, ada kemungkinan kabel clock spring mengalami masalah. Hal ini bisa terjadi saat kemudi dibongkar dan kemudian terjadi kesalahan saat melakukan pemasangan kembali. Untuk mengatasinya, harus membongkar kemudi dan mengembalikan kabel clock spring pada posisi semula.

4. Kode komputer yang tidak sesuai

  • Pemicu indikator airbag menyala tiba-tiba yang terakhir berasal dari masalah sistem keamanan mobil sendiri.
  • Mobil zaman sekarang kebanyakan tidak hanya dirakit dengan komponen mekanis dan kelistrikan, tetapi sistem komputer yang terdiri atas kode-kode rumit.
  • Bisa jadi ada kode komputer yang tidak sesuai, error, atau bahkan tidak berfungsi lagi. Untuk memastikannya, sebaiknya segera datang ke bengkel terdekat.

Baca Juga: Rompi Canggih Ini Bisa Jadi Airbag, Pemotor Makin Aman saat Terjatuh

Komentar