alexametrics

Truk dan Pickup Listrik Marak di Amerika Serikat, Ini Strategi Fiat Ram

RR Ukirsari Manggalani
Truk dan Pickup Listrik Marak di Amerika Serikat, Ini Strategi Fiat Ram
Beberapa truk dan pickup Fiat Ram yang menjadi andalan FCA saat ini. Sebagai ilustrasi [FCA via ANTARA].

Fiat Ram bakal segera hadir dalam versi mobil listrik.

Suara.com - Konsumen Amerika Serikat menggemari jenis truk dan pickup, serta memberikan sambutan positif saat para produsen otomotif menggarapnya dalam versi mobil listrik. Antara lain buatan Ford Motor Company, General Motors, Rivian, serta Lordstown Motors. Sedangkan Tesla Incorporation menduduki ranking teratas untuk versi sedan.

"Pickup adalah waralaba utama bagi kami, dan kami tidak akan duduk tenang jika posisi perusahaan kami terpinggirkan di masa mendatang," papar Mike Manley, CEO Fiat Chrysler Automobiles (FCA).

Dikutip kantor berita Antara dari USA Today, Minggu (1/11/2020) Mike Manley menyatakan bahwa Fiat Ram, salah satu produk kategori truk dan pickup andalan mereka, akan diproduksi dalam versi mobil listrik.

"Saya melihat bahwa akan ada pickup Fiat Ram bertenaga listrik di pasar, sehingga ada baiknya ditunggu sebentar, ya," paparnya saat ditanya sepular peluang FCA akan produk truk dan pickup bertenaga non-minyak bumi.

Baca Juga: Ford Transit Bakal Muncul Dalam Versi Mobil Listrik

Fiat Chrysler Automobiles (FCA). [Shutterstock]
Fiat Chrysler Automobiles (FCA). [Shutterstock]

Kabar dari Mike Manley ini hadir di pekan yang sama saat General Motors yang meluncurkan pickup GMC Hummer bertenaga listrik dengan banderol 100 ribu dolar Amerika Serikat. Serta laporan dari Ford Motor Company yang menyiapkan truk Ford F-150 versi mobil listrik.

Setelah sebelumnya bertahan dengan mesin konvensional, FCA memperlihatkan minat kepada produk terelektrifikasi lewat produksi Jeep Wrangler 4xe versi Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Meski mereka tetap fokus menggarap pickup bermesin konvensional seperti Fiat Ram 1500 TRX 2021.

Pakar industri Rebecca Lindland mengatakan bahwa langkah FCA untuk membuat truk listrik bisa dimengerti.

"Mengingat peningkatan yang kami lihat dalam kapasitas baterai dan kemampuan pengisian daya, dikombinasikan dengan mandat peraturan yang sedang berlangsung dari pasar besar seperti California, ini adalah langkah yang berpotensi sangat diperlukan dan sangat strategis dari Fiat Ram," papar Rebecca Lindland.

Baca Juga: Banyak Peminat, Toyota - Hino Garap Truk Listrik Sel Bahan Bakar di Amerika

Komentar