alexametrics

Gelar IT Road Safety Expo 2020, Korlantas Polri Siap Layanan Prima

RR Ukirsari Manggalani
Gelar IT Road Safety Expo 2020, Korlantas Polri Siap Layanan Prima
Petugas Ditlantas Polda Metro Jaya menjelaskan sistem tilang elektronik kepada warga saat Grand Launching Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (25/11/2018). Sebagai ilustrasi digitalisasi tugas Polantas [ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak]

Korlantas Polri terus kembangkan Teknologi Informasi untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat.

Suara.com - Kapolri Jenderal Pol Drs. Idham Azis, M. Si membuka IT Road Safety Expo 2020 pada hari ini, Selasa (24/11/2020), di Aula Djajoesman, Korlantas Polri, Jakarta. Dalam acara yang diselenggarakan perdana ini, acara berlangsung virtual.

"Perkembangan kehidupan masyarakat yang sangat cepat menjadikan permasalahan lalu lintas dan angkutan jalan makin kompleks dan dinamis. Untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas Indonesia, maka Polri melakukan upaya peningkatan dengan modernisasi sistem teknologi informasi secara berkelanjutan," paparnya.

Sebagai pimpinan Polri, Kapolri sangat mengapresiasi jajaran Korlantas Polri atas inisiatif serta langkah-langkah nyata dalam mengembangkan sistem teknologi dan informasi.

Menurutnya, hal ini mesti terus dilakukan secara optimal sehingga tercipta budaya aman dan tertib berlalu lintas masyarakat.

Baca Juga: Peringati Hari Pahlawan 10 November, Polantas Aceh Bagikan Masker

Kakorlantas Polri Irjen Istiono merampungkan tahap pertama Program Keselamatan 2020 Presiden Jokowi dengan memberikan bantuan pada 197 ribu sopir, di Jakarta, Senin, (18/5/2020) [ANTARA/istimewa].
Kakorlantas Polri Irjen Istiono merampungkan tahap pertama Program Keselamatan 2020 Presiden Jokowi dengan memberikan bantuan pada 197 ribu sopir, di Jakarta, Senin, (18/5/2020) [ANTARA/istimewa].

Sementara Irjen Pol. Drs. Istiono, MH, Kakorlantas Polri Irjen, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pembangunan IT di road safety dalam bentuk back office, aplikasi, dan network yang berbasis artificial intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT) merupakan langkah Korlantas dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

"Pembangunan IT di road safety ini mempermudah pelaksanaan tugas Korlantas. Dan program road safety policing disiapkan sebagai langkah terobosan kreatif penjabaran kebijakan Kapolri pada fungsi lalu lintas yang berbasis teknologi untuk terbangunnya big data dan one gate service," jelas Irjen Pol. Drs. Istiono, MH.

Kakorlantas menjelaskan sistem jaringan yang dibangun dan operasionalkan dalam road safety policing merupakan sistem back office, aplikasi dan network untuk mendukung program inisiatif anti korupsi, reformasi birokrasi, dan mewujudkan pelayanan prima yang memenuhi standar: cepat, tepat, akurat, transparan, akuntabel, informatif, dan mudah diakses.

Dan di masa pandemi ini, pihak Korlantas sangat mendorong berbagai inovasi pelayanan publik yang berbasis IT. Sehingga mampu mengurangi kerumunan orang datang ke tempat lokasi pelayanan Polantas.

"Saya harapkan tahun depan pameran ini terus digelar dan dikembangkan. Hari ini kita laksanakan dengan protokol COVID-19, peserta yang hadir hanya 50 orang dan mudah-mudahan tahun depan kita bisa melakukan pameran ini dengan maksimal karena IT perkembangannya sangat cepat," tukas Kakorlantas.

Baca Juga: Korlantas Polri Antisipasi Arus Balik Libur Panjang Sabtu-Minggu Depan

Turut hadir dalam kesempatan ini adalah Dirkamsel Korlantas Polri Brigjen Pol Chrysnanda, Dirgakkum Brigjen Pol Kushariyanto, Dirjen Hubdar, Dirut Jasa Raharja, Dirut BRI, Dirut BNI, perwakilan Kemendagri, Kemenpan RB, PUPR , dan pakar transportasi. Dan disasikan secara virtual oleh Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy yang mendampingi.

Komentar