alexametrics

Pakai Cover Sepatu Saat Berkendara di Tengah Hujan Ternyata Berbahaya

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Pakai Cover Sepatu Saat Berkendara di Tengah Hujan Ternyata Berbahaya
Ilustrasi pengemudi sepeda motor yang mengenakan jas hujan dan alas kaki (Shutterstock).

Simak cara gunakan cover sepatu dan ini alasan mengapa tidak boleh diganti sandal jepit.

Suara.com - Bagi pengguna kendaraan roda dua, musim hujan selalu memberikan PR atau pekerjaan rumah tersendiri. Pasalnya, saat air turun mesti menepi sejenak untuk mengenakan perlengkapan antiair. Kecuali bila saat berangkat sudah dikenakan terlebih dahulu.

Kekinian, banyak dipasarkan cover sepatu yang terbuat dari bahan plastik untuk menghadapi musim hujan. Terlihat sangat membantu pengendara saat mesti berhujan-hujan, namun saat ditelaah, ternyata penggunaan cover plastik untuk sepatu rupanya kurang aman.

Termasuk bila ada di antara pengendara motor yang membungkus sepatu yang dikenakan ke dalam kantong plastik dan menggunakannya di bawah hujan. Dengan tujuan agar sepatu tidak basah.

"Berbahaya, karena grip sepatu tidak lagi "menggigit" ke aspal karena terhalang plastik," jelas Reyner Alexander, Owner RC Motogarage, belum lama ini.

Baca Juga: Ini Tanda-tanda Tangki Sepeda Motor Anda Perlu Dibersihkan

Ilustrasi sandal jepit. (Shutterstock)
Ilustrasi sandal jepit. (Shutterstock)

Menurutnya, cover plastik saat berkendara di tengah hujan sebaiknya dipakai untuk membungkus kaki, baru kemudian dimasukkan ke dalam sepatu. Bukan alas kaki yang dibungkus plastik atau cover.

"Kalau ingin pakai plastik, lebih baik dipakai di dalam sepatu. Itu jauh lebih aman dan meminimalisir slip atau kecelakaan," katanya.

Saat berkendara dalam keadaan hujan, lelaki yang akrab disapa Rey ini menyarankan untuk tidak melepas sepatu. Pasalnya risiko bahaya yang dihadapai pengendara motor akan semakin besar.

"Lebih baik sepatu basah daripada menggantinya dengan pakai sandal. Jika terjadi insiden tidak diinginkan jari kaki kalau tersenggol kendaraan lain bisa fatal," ungkapnya.

Sebagai catatan, RC Motorgarade yang dikomandani Reyner Alexander baru saja meluncurkan tiga apparel riding melalui jaket Kushitani, phone holder X-Guard dan sepatu riding TCX Boots. Selain itu, bisa ditilik riding gears yang tepat menemani saat hujan di sini.

Baca Juga: Membentuk Ekosistem Kendaraan Listrik, Bisa Mulai dari Sepeda Motor

Komentar