alexametrics

Kaleidoskop Oto: Launching dan Touring Rolls-Royce, Maserati, KEK Mandalika

RR Ukirsari Manggalani
Kaleidoskop Oto: Launching dan Touring Rolls-Royce, Maserati, KEK Mandalika
Perkenalan Maserati MC20 dalam Maserati New Era World Premiere MMXX [Suara.com/CNR ukirsari]

Kaleidoskop Oto 2020 hari ini berbicara tentang test ride, launching, impresi, sampai perjalanan alias kegiatan di luar jaringan atau luring di masa pandemi COVID-19.

Suara.com - Kaleidoskop Oto hari ini (24/12/2020) berbincang tentang kegiatan luar jaringan atau luring alias off-line dalam masa pandemi COVID-19 yang dilakukan kru otomotif Suara.com.  Seru, menantang, sekaligus menerapkan protokol kesehatan atau prokes ketat.  Ada peninjauan lokasi KEK Mandalika tempat berlangsungnya MotoGP Mandalika kelak, sampai launching Rolls-Royce dan Maserati, serta serangkaian test ride dan test drive.

Kegiatan off-road dengan sepeda motor trail adalah suatu hal seru. Dipadu dengan momentum salah satu hari peringatan Nasional, maka rasanya semakin bersemangat.  Beberapa produk roda dua, mulai kategori untuk terabasan sampai skuter matik atau skutik, kami uji coba dalam test ride sepanjang 2020.

Senada adalah test drive dengan mobil bertenaga listrik atau produk terelektrifikasi, yang dilakukan tim Redaksi pada kuartal ketiga 2020. Seru, mengingat medan tak melulu jalanan beraspal.

Kemudian, dari serangkaian acara launching produk kendaraan roda empat di Tanah Air, beberapa brand premium lagi mewah atau "mevvah" menurut cara bertutur kekinian,  juga menggelar acara di venue atau lokasi. Salah satu alasannya adalah penayangan video eksklusif yang direlay langsung dari negara carmaker atau representatifnya di Asia Tenggara. Sebutlah seperti Rolls-Royce dan Maserati. Kemasan dibuat atraktif lagi menarik, para tamu seolah berada di sebuah bioskop drive-in dan hadir langsung di lokasi.

Dan tak ketinggalan adalah tinjauan ke Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK di Kuta Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.  Inilah pamungkas dari acara luring yang dilakukan Redaksi mendekati pengujung 2020.  Setelah kami mengawalinya dengan menyaksikan pembukaan GIIAS Commercial Vehicle Expo di Jakarta Convention Centre (JCC) sesaat sebelum ledakan pandemi yang memberikan dampak virus Corona di sektor otomotif.

Selamat membaca, dan Redaksi kanal otomotif Suara.com mengucapkan selamat Hari Natal bagi yang merayakannya. Juga selamat menjelang tahun baru 2021 teriring harapan semoga pandemi segera berlalu dan seluruh sektor kehidupan terus bergerak ke arah positif.  Termasuk dunia otomotif yang kita cintai.

1. Test Drive Suzuki XL7: Benarkah Postur Tambah Tinggi Berpotensi Limbung?

Buritan Suzuki XL7 dengan emblem serta lampu buritan desain baru [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
Buritan Suzuki XL7 dengan emblem serta lampu buritan desain baru [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Beberapa pekan silam (15/2/2020), PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi meluncurkan Suzuki XL7 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Kehadirannya meramaikan pertarungan di segmen Low Sport Utility Vehicle (LSUV).

Suara.com berkesempatan untuk menjajal performa dari produk penantang Xpander Cross dan Toyota Rush ini sepanjang hari. Berikut adalah beberapa poin menarik yang ditawarkan oleh Suzuki XL7 tipe Alpha sebagai varian tertinggi.

Baca selengkapnya

2. Test Ride Yamaha Gear 125: Belanja Banyak dan Bonceng Anak Tak Masalah

Livery pada Yamaha Gear 125 [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
Livery pada Yamaha Gear 125 [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Bisa duduk dengan nyaman mesti membawa banyak barang di dek, atau kaki tidak perlu menggantung saat tengah memboncengkan anggota keluarga rasanya menjadi tuntutan  pengendara sepeda motor. Pasalnya, inilah kriteria berkendara untuk mempertahankan kenyamanan selagi berkendara.  Nah, saat PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) melayangkan undangan mencoba produk terbarunya, Yamaha Gear 125, kru Suara.com, jaringan dari SuaraBatam.id ikut serta melakukan test ride.

Adapun rutenya adalah  Cempaka Putih menuju Titik Nol Bojong Koneng, Bogor kemudian kembali ke Cempaka Putih, di bilangan Jakarta Timur..

Baca selengkapnya

3. Test Ride Yamaha All New Aerox 155 Connected, Ini Review Performa dan BBM

Yamaha All New AEROX 155 tampak samping, meluncur pada Rabu (11/11/2020)  [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
Yamaha All New AEROX 155 tampak samping, meluncur pada Rabu (11/11/2020) [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Hanya berselang beberapa saat setelah meluncurkan produk terbaru Yamaha All New Aerox 155 Connected, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menyelenggarakan media test ride bertajuk "Aerox Ultimate Racy Experience", Rabu (11/11/2020), dengan lokasi Sentul Karting Circuit, Bogor, Jawa Barat.

Para awak media yang diundang disilakan menjajal langsung keunggulan All New Aerox 155 Connected serta fitur Y-Connect yang mendukung aktivitas berkendara.

Baca selengkapnya

4. Launching New Rolls-Royce Ghost: Market Lebih Muda, Tanpa Tuxedo

Interior Rolls-Royce Ghost dengan konstelasi bintang [Rolls-Royce Press Club].
Interior Rolls-Royce Ghost dengan konstelasi bintang [Rolls-Royce Press Club].

Berlangsung di Ballroom Hotel Four Seasons Jakarta, pada Selasa (1/9/2020) Rolls-Royce secara resmi menggelar World Premiere of The New Rolls-Royce Ghost. Dalam suasana protokol kesehatan COVID-19, namun tanpa mengurangi unsur kemewahan dan eksklusivitas produk ini sendiri, virtual launching terhubung dengan representatif di Singapura serta pusat di West Sussex, Inggris.

"Di masa muda saya, ada ujar-ujar yang menarik: bila kita berbicara terus, tidak bisa belajar, karena itu dengarkanlah agar mengerti," papar Jason Broome, Managing Director Eurokars Group Indonesia dalam pengantar sebelum peluncuran New Rolls-Royce Ghost yang berlangsung lewat tengah hari di Inggris, yaitu pukul 13.00 BST (British Summer Time), atau pukul 19.00 WIB.

Baca selengkapnya

5. Maserati New Era World Premiere MMXX: Konser Drive-In, Komitmen Berani

MC20, primadona dalam acara MMXX: Time to be Audacious yang diluncurkan di Sirkuit Modena, Italia (9/9/2020 ) [Maserati SpA].
MC20, primadona dalam acara MMXX: Time to be Audacious yang diluncurkan di Sirkuit Modena, Italia (9/9/2020 ) [Maserati SpA].

Apa makna 2020 bagi Anda? Bila hal ini ditanyakan kepada produsen sportscar terkemuka Italia, Maserati, jawabnya "2020 is a new era." Lebih detailnya adalah komitmen melakukan elektrifikasi, yaitu melahirkan mobil-mobil keren bertenaga listrik sebagai sikap menyambut masa depan.

Lewat sebuah acara sarat sentuhan otomotif di sebuah panggung drive-in, bertajuk MMXX: Time to be Audacious. Terjemahan bebasnya, saatnya untuk bertindak berani.

Baca selengkapnya

6. GIICOMVEC 2020 Diresmikan Menperin: Edukasi Safety dan ODOL

Usai penekanan sirene GIICOMVEC 2020 para tokoh terkait berpotret bersama Menteri Perhubungan RI, Ketua Umum GAIKINDO dan Ketua Penyelenggara GIICOMVEC  [Suara.com/CNR ukirsari].
Usai penekanan sirene GIICOMVEC 2020 para tokoh terkait berpotret bersama Menteri Perhubungan RI, Ketua Umum GAIKINDO dan Ketua Penyelenggara GIICOMVEC [Suara.com/CNR ukirsari].

GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle atau GIICOMVEC 2020, sebuah pameran kendaraan komersial dari GAIKINDO diresmikan pagi ini (5/3/2020) oleh Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita.

Bertempat di Jakarta Convention Centre (JCC) Senayan, Jakarta, acara ini bakal berlangsung sampai akhir pekan besok (5-8/3/2020). Dan sebagai simbol peresmian acara GIICOMVEC 2020 yang kini memasuki tahun kedua penyelenggaraan, setelah menekan sirine tanda pameran dibuka, Menteri Perindustrian didampingi Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi serta beberapa pembesar instansi terkait, seperti Dinas Perhubungan, melakukan acara pemotongan bodi truk bekas pakai, dengan peralatan las.

Baca selengkapnya

7. Rayakan HUT Kemerdekaan RI ke-75, JMC Lakukan Touring dan Berbagi

Konvoi JMC dengan protokol kesehatan di Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI [Dok JMC].
Konvoi JMC dengan protokol kesehatan di Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI [Dok JMC].

Merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75, Journalist Max Community (JMC), yaitu komunitas motor pembesut Maxi Yamaha yang berprofesi sebagai jurnalis dari berbagai media, menggelar kegiatan "Touring Merdeka 2020".

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, Sabtu dan Minggu pekan lalu (22-23/8/2020) menuju daerah Pancawati, Bogor, Jawa Barat.

Baca selengkapnya

8. Peringati Hari Kemerdekaan, Ini Touring Jajal Keandalan Yamaha WR 155R

Para peserta touring  Fun Adventure Touring Merdeka WR 155R  [PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing].
Para peserta touring Fun Adventure Touring Merdeka WR 155R [PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing].

Salam Merdeka, Bung! Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun atau HUT Kemerdekaan RI ke-75 (17/8/2020), PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menggelar Fun Adventure Touring Merdeka WR 155R. Dijamin seru, dan crew Suara.com ikut turun menggeber Yamaha WR 155R di kawasan Hambalang, Bogor.

Acara yang memompa adrenalin ini diawali upacara hening cipta HUT Kemerdekaan RI ke-75 yang melibatkan seluruh peserta.

Baca selengkapnya

9. Banderol Fantastis, Model Rolls-Royce Cullinan Terdiri dari 1.000 Komponen

Model Rolls-Royce Cullinan  tampak haluan. Simak detail logo
Model Rolls-Royce Cullinan tampak haluan. Simak detail logo "Spirit of Ecstasy" yang sungguh ikonik itu [Suara.com/CNR ukirsari].

Bagi model hobbyist alias penyuka model atau replika, juga pemilik yang ingin menghadirkan matching, pairing atau menciptakan turunan antara Rolls-Royce koleksinya dengan miniatur atau replika, silakan simak Rolls-Royce Cullinan 1:8 ini.

Suara.com mendapatkan kesempatan istimewa mengoperasikan model Rolls-Royce Cullinan yang memiliki banderol Rp450 juta itu dalam sebuah teatime di markasnya, bilangan Jakarta Selatan. Didampingi wakil Rolls-Royce Indonesia, serta Joyce Lua, representative Rolls-Royce Asia Pacific di Singapura dan Malaysia, yang bergabung via teleconference.

Baca selengkapnya

10. Tinjau Sirkuit Mandalika: Suguhan Bagi Pencinta Otomotif dan Target MRTI

Proyek pengembangan pesisir Mandalika yang diusulkan menjadi lokasi balapan MotoGP di Mandalika, Lombok, Sabtu (23/3/2019).[AFP/Arsyad Ali].
Proyek pengembangan pesisir Mandalika yang diusulkan menjadi lokasi balapan MotoGP di Mandalika, Lombok, Sabtu (23/3/2019).[AFP/Arsyad Ali].

Bagi pencinta otomotif, Lombok memiliki makna baru. Selain destinasi wisata yang sedap dengan suguhan laut biru, harapannya kelak bisa menyaksikan motor-motor para rider MotoGP mengaspal di Sirkuit Mandalika.

Persiapan Indonesia saat ini adalah trek dengan konsep road circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, bagian selatan Pulau Lombok. Tinjauan teknisnya: panjang 4,31 km, dengan corner dan hairpin mencapai 17 buah.

Baca selengkapnya

11. Review: Sensasi All-New Nissan Kick e-Power, Mobil Berpenggerak Listrik

Tampak haluan Nissan Kicks e-POWER  [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
Tampak haluan Nissan Kicks e-POWER [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Nissan Indonesia merilis All-New Nissan Kicks e-Power sebagai mobil listrik pertamanya di Indonesia. Salah satu keunggulannya adalah teknologi e-Power yang memungkinkan pengguna berkendara mobil listrik tanpa perlu melakukan charging atau pengisian ulang.

Beberapa waktu lalu tim Suara.com mendapat kesempatan untuk menjajal kendaraan ramah lingkungan ini. Melihat tampilan pertama mobil kategori Sport Utility Vehicle (SUV) baru Nissan ini, tampak aura sporty terlihat dari desain yang ditampilkan.

Baca selengkapnya

Komentar