alexametrics

Tesla Incorporation Bikin Pabrik di India, Ini Nama Pabrik dan Lokasinya

RR Ukirsari Manggalani
Tesla Incorporation Bikin Pabrik di India, Ini Nama Pabrik dan Lokasinya
Ilustrasi logo Tesla [Shutterstock]

Tesla merancang pabrik di India adalah salah satu perita paling hangat di pentas otomotif dunia. Berikut adalah alasan dan perkiraan lokasinya.

Suara.com - Tesla in India sukses menjadi salah satu berita otomotif terhangat pekan ini.  Yaitu niatan dari pabrik listrik terkemuka asal Amerika Serikat, Tesla Incorporation mendirikan pabrik pembuatan mobil listrik murni kategori Battery Electric Vehicle (BEV).

Sejatinya, kabar Tesla meminang India untuk menjadi rumahnya di Asia, selain Tesla Gigafactory di China tidak berlangsung secara kilat. Perdana Menteri India, Narendra Modi telah melakukan kunjungan ke pabrik perusahaan dengan Chief Executive Officer (CEO) Elon Musk itu sejak 2015.

Lantas, saat berbalas ngobrol dengan fans asal India, sekitar setahun lalu Elon Musk sudah memberikan sinyal "secepatnya", saat ditanya "kapan Anda akan mendirikan pabrik di negara kami?"

Lokasi juga telah ditetapkan, yaitu Bangaluru atau Bangalore, ibu kota dari negara bagian Karnataka. Ada beberapa alasan yang membuat Tesla memutuskan memilih kota ini. Akan tetapi salah satu terkuat adalah: di kota ini berbagai pabrikan memiliki representatif. Dan tersedia pula banyak tenaga kerja bidang teknologi di situ.

Baca Juga: Dampak Gempa Bumi Fukushima, Toyota Hentikan Produksi Sembilan Pabrik

Berikut adalah tautan berisi kumpulan artikel tentang minat Tesla untuk menjadikan India sebagai salah satu "rumahnya" yang sudah bergulir sejak 2020. Juga informasi pabrik bakal siap 2021, dan awalnya perusahaan mobil listrik terbesar di Amerika Serikat itu hanya berniat menjual produk di Negeri Bollywood serta belum membuat pabrik.

Berdasarkan bocoran, Tesla akan menggunakan nama Tesla Motors India and Energy Private Limited yang nantinya berkantor di kota Bengaluru atau Bangalore. Dan pabrikan mobil listrik asal Amerika Serikat ini akan mulai beroperasi di India pada awal 2021.

Kehadiran Tesla di negeri itu dikonfirmasi Menteri Transportasi Nitin Gadkari sejak menjelang pergantian tahun 2020, Senin (28/12/2020).

Selamat mmbaca. Salam mobil bertenaga non-minyak bumi.

1. Ini Alasan Tesla Pilih Kota Bengaluru untuk Lokasi Pabrik di India

Baca Juga: Bos Volkswagen Sindir Bos Tesla Lewat Twitter

Logo Tesla. [Shutterstock]
Logo Tesla. [Shutterstock]

Sejak cuitan Twitter dari Perdana Menteri India Narendra Modi tentang kunjungannya ke pabrik Tesla Incorporation di Amerika Serikat pada 2015, ditambah tanya jawab sang Chief Executive Officer (CEO) Elon Musk di media sosial beberapa saat lalu, perkembangan terbaru muncul. Yaitu adanya bocoran akta pembuatan pabrik mobil listrik itu di Bangalore atau Bengaluru, ibu kota negara bagian Karnataka.

Dikutip dari Money Control, BS Yediyurappa, Kepala Pemerintahan negara bagian Karnataka, sempat memberikan sambutan kepada Elon Musk melalui media sosial Twitter, ditambah penjelasan bahwa perusahaan mobil listrik ini akan mendirikan unit penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) di sana. Namun cuitan itu telah dihapus.

Baca selengkapnya

2. Tesla Motors India, Calon Nama Perusahaan Elon Musk di Negara Ini

Tesla Model S dan charger baterainya. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].
Tesla Model S dan charger baterainya. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Carmaker pemegang ranking pertama penjualan mobil listrik global, Tesla Incorporation sudah tinggal tunggu waktu membuka pintu pabriknya di India. Buktinya adalah akta pengajuan pendirian perusahaan beberapa hari lalu.

Berdasarkan bocoran, Tesla akan menggunakan nama Tesla Motors India and Energy Private Limited yang berkantor di kota Bengaluru atau Bangalore.

Baca selengkapnya

3. Awal 2021, Tesla Incorporation Siap Beroperasi di India

Ilustrasi logo Tesla pada lingkar kemudi [Shutterstock]
Ilustrasi logo Tesla pada lingkar kemudi [Shutterstock]

Seperti pernah disebutkan Elon Musk, Chief Operation Officer (CEO) Tesla Incorporation dalam cuitan di media sosial Twitter untuk menjawab pertanyaan salah satu penggemar dari India, ia memenuhi janjinya. Saat itu, fans menanyakan kapan mobil listrik akan diproduksi di Negeri Bollywood. Dan janji yang diucapkannya pada Oktober 2020 itu dipenuhi untuk awal 2021.

Dikutip dari kantor berita Antara, pabrikan mobil listrik asal Amerika Serikat ini akan mulai beroperasi di India pada awal 2021. Kehadiran Tesla di negeri itu dikonfirmasi Menteri Transportasi Nitin Gadkari pada Senin (28/12/2020) waktu setempat, dalam sebuah perbincangan dengan media.

Baca selengkapnya

4. Tesla Siap Bikin Pabrik di India, Ini Lokasinya

Pemilik SpaceX owner dan CEO Tesla, Elon Musk berpose saat tiba di red carpet acara seremoni Axel Springer Awards di Berlin, Jerman (1/12/2020) [AFP/POOL/Britta Pedersen].
Pemilik SpaceX owner dan CEO Tesla, Elon Musk berpose saat tiba di red carpet acara seremoni Axel Springer Awards di Berlin, Jerman (1/12/2020) [AFP/POOL/Britta Pedersen].

Tesla terus melebarkan sayap dalam pengembangan mobil listrik di masa depan. Sebelumnya, diberitakan bahwa Tesla akan membangun pabrik di Indonesia.

Sebelum itu, India menjadi target perusahaan asal Amerika Serikat ini. Dilansir dari Livemint, Tesla memiliki rencana membangun di Negeri Hindustan tersebut.

Baca selengkapnya

5. Sah! Tesla Siap Bikin Pabrik di India, Tahapannya Begini

Unggahan PM India, Narendra Modi pada 2015 saat berkunjung ke Tesla Gigafactory [Twitter: @narendramodi].
Unggahan PM India, Narendra Modi pada 2015 saat berkunjung ke Tesla Gigafactory [Twitter: @narendramodi].

Kabar positif diembuskan dunia otomotif India. Yaitu perusahaan mobil listrik asal Amerika Serikat, Tesla Incorporation siap membuka pabrik di negara itu. Menteri Transportasi Nitin Gadkari, seperti dikutip kanal otomotif Suara.com, jaringan SuaraKaltim.id, dari kantor berita Antara (29/12/2020) menyatakan bahwa akan ada beberapa tahapan dilakukan Tesla saat siap beroperasi di India.

Yaitu akan mulai beroperasi terlebih dahulu dengan penjualan. Tahap berikutnya mungkin melakukan perakitan dan pekerjan manufaktur berdasarkan respons masyarakat terhadap mobil listrik.

Baca selengkapnya

Komentar