alexametrics

Penyebab dan Cara Mengatasi Rem Mobil Ambles

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Penyebab dan Cara Mengatasi Rem Mobil Ambles
Ilustrasi rem mobil. [Shutterstock]

Masuknya udara ke selang sistem pengereman menjadi salah satu penyebab rem terlalu dalam atau ambles.

Suara.com - Sebagai bagian dari sistem keamanan di kendaraan, menjaga kinerja rem mobil agar tetap optimal sangatlah penting. Pasalnya, keselamatan berkendara berawal dari sini. Baik untuk kepentingan pengemudi maupun sesama pengguna jalan raya. Tanpa peranti rem yang mumpuni, laka lantas atau kecelakaan lalu lintas potensial terjadi.

Salah satu masalah pada rem mobil adalah pedal rem terasa lebih dalam atau ambles dari biasanya ketika diinjak. Gejala ini disebabkan udara masuk ke sistem pengereman yang mengandalkan cairan.

Dikutip dari Deltalube, ada beberapa masalah yang bisa menyebabkan rem mobil ambles. Antara lain terjadinya kebocoran sampai lalai saat melakukan pengisian atau penggantian minyak rem.

Mekanik tengah memeriksa rem mobil. Sebagai ilustrasi komponen rem pada kendaraan roda empat [Envato Elements/serhiibobyk].
Mekanik tengah memeriksa sistem rem mobil. Sebagai ilustrasi komponen rem pada kendaraan roda empat [Envato Elements/serhiibobyk].

Berikut permasalahan dan solusi untuk mengatasi kondisi rem mobil:

Baca Juga: Genesis GV80, Mobil Resmi Turnamen Golf Besutan Tiger Woods

Adanya kebocoran

  • Pada sistem rem mobil dengan sistem hidraulis, ada komponen seal yang berbahan karet. Jika sudah mulai getas atau rusak, dampaknya minyak rem berkurang dan menjadi penyebab masuknya udara ke dalam selang rem.
  • Solusinya cari penyebab kebocoran agar rem bisa bekerja secara optimal kembali.

Kesalahan proses penggantian minyak rem

  • Proses penggantian minyak rem yang tidak tepat, tentu bisa menjadi penyebab sistem rem dimasuki udara.
  • Ketika minyak rem dikuras dan selang rem dilepas, ada potensi terjadi proses masuknya udara ke dalam selang pengereman.
  • Idealnya setelah menguras rem, mekanik membuang udara pada kaliper rem yang tersedia di komponen itu.

Sama halnya dengan penjelasan tadi, penggantian komponen rem juga berpotensi menyebabkan masuknya udara. Solusinya:

  • Hal yang perlu dilakukan setelah melakukan perbaikan rem adalah membuang udara pada sistem rem mobil dengan cara bleeding. Yaitu proses pembuangan gelembung udara yang berasal dari sistem tekanan pada rem.
  • Pada mobil, dibutuhkan dua orang untuk menangani kasus rem mengalami kemasukan udara. Satu orang menjadi operator pedal rem, dan yang lainnya berjaga di aktuator pengereman.

Komentar