alexametrics

Beli Mobil Bekas Berusia di Atas 10 Tahun, Bagian Ini Wajib Dicek

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Beli Mobil Bekas Berusia di Atas 10 Tahun, Bagian Ini Wajib Dicek
Ilustrasi mobil berusia di atas 10 tahun (Shutterstock)

Agar tidak tertipu saat membeli kendaraan berusia tidak muda,simak tips pengecekan ini.

Suara.com - Membeli mobil bekas terkadang menjadi pilihan masyarakat karena harganya lebih terjangkau. Tak sebatas mobil koleksi, mobil biasa yang berusia di atas 10 tahun pun terkadang membuat jatuh hati.

Apakah mobil bekas di atas 10 tahun masih layak untuk digunakan sehari-hari, tentu perlu diperiksa terlebih dahulu. Termasuk agar tidak tertipu saat membeli mobil yang sudah tak bisa lagi dibilang muda.

Ilustrasi mesin mobil terlalu panas, overheat. [Shutterstock]
Ilustrasi mengatasi kerusakan mesin mobil. Semakin tua usia mobil, semakin menuntut perhatian [Shutterstock]

Mengutip mobil88, ada beberapa tips yang wajib diketahui saat ingin membeli mobil bekas yang berusia di atas 10 tahun. Yaitu sebagai berikut:

Cek Kebocoran di Mesin

Baca Juga: Toyota Innova Jadi Mobil Bekas Paling Populer selama 2020

  • Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan kondisi mesin tetap kering, artinya tidak ada rembesan oli ataupun cairan di bagian mesin hingga ke bagian kolong.
  • Jika kondisi mesin kering maka calon pembeli tidak akan mengeluarkan biaya yang besar untuk perbaikan mesin.
  • Selanjutnya dengarkan juga suara mesin, pastikan tidak ada suara kasar dari ruang mesin. Biasanya mobil dengan usia di atas 10 tahun dan tidak dirawat dengan baik memiliki suara mesin kasar.
  • Perhatikan juga apakah ada getaran yang tidak wajar dari mesin, bila ya, harus mengganti engine mounting.

Knalpot Tidak Mengeluarkan Asap Putih

  • Periksa ke bagian belakang, apakah keluar asap putih tipis dari lubang knalpot atau tidak. Jika ada asap putih, maka dipastikan kondisi mesin tidak baik dan biasanya harus turun mesin.
  • Cek juga ujung knalpot mobil bagian dalam, kalau berwarna hitam kering berarti mobil memiliki masalah pembakaran yang tidak sempurna. Tapi kalau basah, biasanya pertanda ada oli mesin yang ikut terbakar.

Pastikan Suhu Mesin Normal

  • Jangan lupa untuk mengecek suhu atau temperatur mesin dari dalam kabin. Tunggu sampai beberapa saat hingga mesin panas dan pastikan indikator suhu mesin tidak lebih dari 3/4 atau bahkan mencapai huruf H.

Periksa Kelistrikan dan Perangkat Elektronik

  • Kalau mesin dicek memiliki kondisi normal, maka periksa fungsi elektrikal di mobil. Pastikan komponen elektrik tidak ada yang bermasalah. Cek apakah lampu peringatan di dashboard mobil ada yang menyala, seperti lampu check engine dan airbag.
  • Mobil-mobil modern cenderung memiliki komponen elektrikal yang cukup banyak, jika ada yang bermasalah biasanya akan butuh biaya perbaikan cukup mahal.

Lakukan Test Drive

  • Ini cara terakhir untuk membuktikan kalau mobil incaran masih layak dibeli. Biasanya mobil bekas dengan usia di atas 10 tahun akan memiliki masalah di kaki-kaki, dan transmisinya.
  • Untuk itu, melakukan test drive akan sangat diperlukan agar tahu apakah ada bagian kaki-kaki yang mengeluarkan bunyi tidak wajar.

Baca Juga: Insentif PPnBM Membuat Pasar Mobil Bekas Dapatkan Pasokan Sehat

Komentar