alexametrics

Jika Terjadi Brebet di Motor Injeksi, Apa yang Harus Dilakukan?

Rifan Aditya
Jika Terjadi Brebet di Motor Injeksi, Apa yang Harus Dilakukan?
Sepeda motor Honda Sonic 150R dan Scoopy eSP yang tampil dengan warna-warna baru (PT AHM/Suara.com).

Jika brebet di motor injeksi terjadi, bagaimana mengatasinya? Apa sebenarnya gejala yang bisa dikenali? Simak penjelasan berikut.

Suara.com - Teknologi injeksi pada motor kini jadi satu teknologi yang membuat penggunanya nyaman. Selain mesin menjadi lebih halus, motor juga menjadi lebih irit. Tapi jika brebet di motor injeksi terjadi, bagaimana mengatasinya? Apa sebenarnya gejala yang bisa dikenali?

Anda bisa membaca ulasan singkat tertang permasalahan brebet di motor injeksi dalam penjelasan berikut ini.

Gejala dan Penyebab Brebet di Motor Injeksi

  1. Brebet yang terjadi pada motor injeksi biasanya dikarenakan filter udara yang kotor, sehingga sirkulasi udara di dalam mesin tidak berjalan dengan baik. Udara diperlukan untuk terus membantu pembakaran di ruang bakar, sehingga kinerja mesin bisa optimal. Ketika udara yang masuk terhambat atau kotor, tentu kinerja mesin akan menurun dan menyebabkan motor brebet.
  2. Penyebab kedua adalah kondisi injektor yang kurang bersih. Lagi-lagi kotoran menjadi penyebab motor brebet, maka dari itu perawatan secara rutin dan selalu menjaga kebersihannya wajib dipastikan.
  3. Ketiga, penyebab motor brebet adalah jarak renggang busi yang tidak tepat. Busi menjadi kunci pengapian yang ada pada kendaraan bermotor. Ketika part ini bermasalah, maka otomatis kinerja mesin dan pembakaran juga tak akan optimal.
  4. Terakhir yang mungkin menjadi penyebab brebet di motor injeksi adalah kondisi tekanan pompa bahan bakar yang tidak tepat. Ketika tekanan yang diberikan pada fuel pump ini tidak  berada pada ukuran seharusnya, pasokan bahan bakar menjadi kurang sehingga mesin tidak mendapat asupan bahan bakar yang diperlukan.

Cara Mengatasi Brebet di Motor Injeksi

Baca Juga: NgabubuTips: Begini Cara Manjakan Motor Injeksi Agar Awet

Sebenarnya cara mengatasi brebet di motor injeksi tidak terlalu sulit. Hal utama adalah dengan melakukan maintenance mesin secara rutin dan berkala, sehingga kebersihan mesin bisa selalu terjaga. Mencuci motor saja mungkin tidak cukup, karena beberapa part tidak bisa dibersihkan secara langsung dari luar.

Selanjutnya, adalah dengan mengendarai motor pada medan yang ideal. Ideal di sini dalam artian tidak membawa motor injeksi ke area yang berlumpur, memiliki udara kotor, dan sebagainya yang bisa membuat mesin menjadi kotor dan terganggu kinerjanya.

Sedikit bahasan mengenai brebet di motor injeksi ini semoga bisa membantu Anda dalam mengatasi permasalahan ringan di motor. Jika memang mulai mengganggu, ada baiknya Anda mengunjungi bengkel terdekat atau terpercaya, untuk memperbaiki apapun yang tidak normal pada motor Anda.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Baca Juga: Tiga Tips Biar Motor Injeksi Langsung Siap Tancap Gas, Pantang Kelewatan

Komentar