alexametrics

Ini Penyebab Panel Speedometer pada Motor Mendadak Mati

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Ini Penyebab Panel Speedometer pada Motor Mendadak Mati
All New Honda PCX pada bagian dashboard. Sebagai ilustrasi [AHM]

Panel speedometer penting dalam mengawal perjalanan bermotor.

Suara.com - Panel speedometer motor yang mendadak mati bisa ditemukan pada motor sport dan motor matik. Kekinian, ada dua macam panel, yaitu analog dan digital.

Bila kejadian menimpa panel speedometer analog, masalahnya adalah kondisi kabel penghubung ke roda yang putus.

Lalu bagaimanakan bila terjadi pada panel speedometer digital?

Mengutip laman Deltalube, sistem kerja dari panel speedometer analog dan digital berbeda.

Baca Juga: Kocak! Pria Ini Ungkap Sejarah Nama-Nama Pabrikan Motor Berdasarkan Suara Knalpot

Odometer, tachometer, dan speedometer sebuah motor. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].
Odometer, tachometer, dan speedometer sebuah motor. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Panel speedometer analog menggunakan kabel berisi kawat, sedangkan panel speedometer digital menggunakan sensor yang dihubungkan kabel listrik ke roda belakang.

Jadi panel speedometer digital yang mengalami mati disebabkan kabel listrik sebagai penghubung ke sensor mengalami putus.

Perbedaan juga tampak yaitu tentang dimensi. Kabel speedometer analog memiliki dimensi besar, sedangkan kabel sensor pada panel speedometer digital mempunyai dimensi kecil.

Ada kemungkinan kabel yang bertugas mengirim sinyal dari speed sensor di roda belakang bersinggungan dengan komponen lain. Bisa akibat dari proses servis di mana kabel tidak sengaja tertarik, terlepas atau terjepit sehingga membuatnya rusak atau putus.

Kemungkinan lainnya akibat adanya entakan dari motor saat melewati jalan rusak. Hal ini sangat mungkin terjadi melihat kabel sensor sangatlah tipis.

Baca Juga: Bocah Nangis Kejer Kena Razia, Peluk Motor Agar Tak Digiring Polisi

Di lain sisi, panel speedometer digital juga bisa rusak tapi bukan akibat gangguan kabel atau entakan.

Umumnya, kerusakan panel speedometer digital terjadi karena permukaannya terlalu panas, seperti sepeda motor sering diparkir di area tanpa atap dan terkena terik matahari. Hal itu menyebabkan beberapa area dari panel memudar. Sehingga informasi pada panel tidak terbaca lagi.

Selain dari itu, panel speedometer digital bisa saja disusupi air sehingga terjadi proses oksidasi yang menimbulkan karat. Terutama di jalur-jalur pada printed circuit box (PCB). Masalah ini bisa diselesaikan dengan membuka panel digital dan menghilangkan karat serta menyambung ulang jalur pada PCB yang terputus.

Komentar