facebook

Ini Masalah Teknis Mobil yang Kerap Terjadi Setelah Usia Lewat Lima Tahun

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Ini Masalah Teknis Mobil yang Kerap Terjadi Setelah Usia Lewat Lima Tahun
Bagian dek bawah mobil, termasuk di antaranya sistem rem dan kaki-kaki mobil. Sebagai ilustrasi [Envato Elements/serhiibobyk].

Mulai kaki-kaki, hingga kelistrikan bisa dijadikan pertimbangan demi perawatan dan kenyamanan.

Suara.com - Sebagai benda, mobil memiliki masa pakai. Dengan perawatan optimal, hasil akan membanggakan. Sebaliknya, minus perawatan kualitasnya akan tidak bagus lagi. Nah, bagi peminat mobil berusia di atas lima (5) tahun, ada sederet hal mesti diperhatikan. 

Pasalnya, setelah usia lewat lima tahun, kondisi cenderung sudah menurun. Hal ini sebenarnya wajar, sebab kualitas komponennya mulai termakan waktu.

Mengutip mobil88, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pemilik mobil lawas, atau yang berniat mencari mobil berusia lebih dari lima tahun.

Ilustrasi mengisi oli mesin mobil (Shutterstock).
Ilustrasi mengisi oli mesin mobil. Simak bila terjadi kebocoran (Shutterstock).

Bagian mobil yang mesti diperhatikan bila berminat mengelola atau mencari mobil berusia di atas lima tahun:

1. Oli Mesin Bocor

Baca Juga: Ford Mustang Shelby GT500 Terbakar: Ingat Nicolas Cage, Ford v Ferrari, sampai APAR

  • Mesin mobil yang sudah berusia lima tahun tentu sudah tidak sesempurna atau sehalus mesin baru, terutama jika gaya menyetir si pengguna agak ekstrem dan sering mengebut.
  • Yang kerap terjadi adalah oli mesin yang bocor. Jika kebocoran terjadi pada sistem pelumasan, tentu volume oli akan berkurang.

2. Masalah pada Kaki-kaki

  • Bagian kaki-kaki, seperti tie rod end, long tie rod, shock absorber, ban, dan pelek juga bisa bermasalah jika gaya pengendara agak ekstrem.
  • Selama perjalanan hingga lima tahun, bagian inilah yang bersentuhan langsung dengan aspal dan menahan beban yang cukup berat.
  • Dengan kondisi jalanan di Indonesia tidak semuanya ideal, kaki-kaki harus sering diperiksa. Gejala rusaknya kaki-kaki mobil bervariasi, dari setir bergetar, mobil lari ke kanan-kiri saat berjalan, atau ada bunyi-bunyi mengganggu saat setir dibelokkan.

3. Masalah Kelistrikan, AC, lampu, dan Lain-lain

  • Ada berbagai penyebab, misalnya tegangan arus listrik aki yang kurang atau bahkan telah habis, terminal aki yang berkarat atau kotor dan kendor, injektor bahan bakar bermasalah, jarak antara kepala busi dan sumbu busi terlalu renggang, atau kompresi mesin yang terlalu rendah.

4. Elastisitas Karet Mobil Berkurang

  • Saat usia lebih dari lima tahun, bagian karet pada mobil biasanya sudah getas. Komponen yang satu ini kerap terlupakan oleh sebagian pemilik mobil, karena wujudnya yang tersembunyi.
  • Soal karet ini perlu mendapat perhatian khusus, karena terdapat di hampir setiap bagian mobil.
  • Kalau memang sudah terlalu banyak masalah pada mobil lama, mungkin memang sudah saatnya untuk mengganti dengan unit yang lebih muda.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar