alexametrics

Volvo Pamerkan Mobil Listrik Produksinya Anti Air, Diuji Masuk Tangki

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Volvo Pamerkan Mobil Listrik Produksinya Anti Air, Diuji Masuk Tangki
Volvo XC40 Recharge Electric EV. Sebagai ilustrasi [Volvo Cars].

Bukankah antara listrik dan air tidak bisa "akur"?

Suara.com - Kemampuan mobil listrik untuk dapat melintasi genangan air sejauh ini masih dipertanyakan. Pasalnya arus listrik sangat berisiko ketika terkena air. Namun keraguan tadi sepertinya coba dipatahkan oleh Volvo.

Belum lama berselang, pembuat mobil asal Swedia itu memamerkan mobil listrik besutannya ternyata bisa mengalami kondisi terendam air dan berfungsi kembali tanpa kendala.

Melansir Wapcar, dalam sebuah tayangan video diperlihatkan Volvo memasukkan mobilnya ke sebuah tangki dengan salah satu sisi tembus pandang mirip akuarium, berkedalaman 1,7 m. Dengan kondisi terendam hingga setengah body, mobil bertuliskan XC40 Recharge itu masih mampu berjalan mulus dalam kondisi trek menanjak keluar dari tangki.

Volvo XC40 Recharge diturunkan pakai katrol ke tangki berisi air dengan salah satu sisi tembus pandang [YouTube: WapCar].
Volvo XC40 Recharge diturunkan pakai katrol ke tangki berisi air dengan salah satu sisi tembus pandang [YouTube: Wapcar].

Dari video terlihat beberapa ikan yang sengaja ditaruh di tangki air. Hal ini untuk menunjukkan bahwa medium bukan rekayasa, sekaligus tidak ada kebocoran listrik dari mobil. Karena bila terjadi mereka bakal kena setrum arus listrik.

Baca Juga: Bos Ferrari Ungkap Masa Depan Mobil Listrik, Teknologi Adalah Peluang

Selain itu, bagian jendela juga tampak terbuka, yang berarti komponen interior terkena air.

Apa dipamerkan Volvo tentunya hanya sebagai bagian dari uji coba perusahaan. Karena aslinya seluruh komponen disegel rapat untuk meminimalkan risiko.

Volvo XC40 Recharge sesaat setelah keluar dari air, digerakkan menggunakan remote [YouTube WapCar].
Volvo XC40 Recharge sesaat setelah keluar dari air, digerakkan menggunakan remote [YouTube Wapcar].

Tidak hanya Volvo, Nissan juga menyatakan bila produknya, Nissan LEAF juga tahan terhadap air.

Disebutkan bila produk ini masih mampu bertahan sampai kedalaman 700 mm. Yaitu batas rata-rata untuk sebagian besar truk pick-up.

Baca Juga: Baterai Mobil Listrik Makin Laku Saat Pandemi, Laba LG Chem Melonjak

Komentar