alexametrics

Nissan: Harga Mobil Listrik Bisa Lebih Murah, Asalkan Begini

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Nissan: Harga Mobil Listrik Bisa Lebih Murah, Asalkan Begini
Leaflet All-New Nissan LEAF yang hari ini (18/8/2021) resmi diluncurkan di Indonesia [PT Nissan Motor Distribution Indonesia].

Dengan perkembangan teknologi di masa mendatang, pihak Nissan Indonesia yakin harga mobil listrik makin kompetitif.

Suara.com - PT Nissan Motor Distribution Indonesia (NMDI) resmi memasarkan mobil listrik murni All New Nissan LEAF untuk pasar Indonesia dengan harga Rp600 jutaan.

Direktur Sales & Maketing PT Nissan Motor Distribution Indonesia (NMDI), Tan Kim Piauw mengatakan, nantinya bukan tidak mungkin bila Nissan akan menghadirkan mobil listrik dengan harga yang lebih kompetitif atau lebih murah.

"Kami berharap suatu saat harga mobil listrik semakin murah. Situasi ini tergantung perkembangan teknologi," jelas Tan Kim Piauw, sat peluncuran All New Nissan LEAF, Rabu (18/8/2021).

Berbicara mobil listrik, sambung Tan Kim Piauw, komponen yang sangat besar adalah baterai. Baterai ini tergantung mineral seperti nikel dan lainnya.

Baca Juga: All-New Nissan LEAF Resmi Tiba di Indonesia, Banderol Mobil Listrik Ini Rp600 Jutaan

All-New Nissan LEAF muncul dalam one tone dan dual tone, ada 11 pilihan warna [Nissan Indonesia].
All-New Nissan LEAF muncul dalam one tone dan dual tone, ada 11 pilihan warna [Nissan Indonesia].

Di masa depan diharapkan ada teknologi yang lebih tinggi sehingga harga mobil listrik bisa ditekan. Karena harga sekarang ditentukan oleh regulasi dan pemerintah.

"Kami sebagai APM (Agen Pemegang Merek) siap mendukung program pemerintah. Pemerintah telah memberlakukan relaksasi terhadap mobil listrik. Keputusan ini sangat membantu masyarakat, di mana harga mobil listrik bisa lebih murah seperti yang diharapkan," ungkapnya.

Sebagai informasi, All New Nissan LEAF mengandalkan baterai lithium-ion 40 kWh yang memungkinkan mobil menempuh jarak sejauh 311 km dalam sekali pengisian daya (charging) berdasarkan hasil test New European Driving Cycle (NEDC).

Hal ini setara dengan penggunaan rata-rata harian 40 km selama satu minggu, hanya dengan satu kali pengisian penuh.

All New Nissan LEAF dapat mengisi daya dengan pengisi daya Portable (3.3 kW), yang memungkinkan baterai dapat terisi penuh dalam waktu 12 hingga 15 jam, atau menggunakan pengisi daya Home Charger (AC 7.4 kW) yang dapat mengisi penuh baterai dalam waktu 5 hingga 7 jam. Harganya sendiri dipatok mulai Rp649 juta.

Baca Juga: HUT RI ke-76, Gubernur Banten Perkenalkan Mobil Listrik Karya Siswa SMKN

Komentar