alexametrics

Dari Hasil Daur Ulang Airbag Mercedes-Benz, Heron Preston Ciptakan Busana Keren

RR Ukirsari Manggalani
Dari Hasil Daur Ulang Airbag Mercedes-Benz, Heron Preston Ciptakan Busana Keren
Perancang busana Amerika Serikat, Tom Ford (kanan) dan Heron Preston (kiri) tiba di acara Met Gala 2021 di Metropolitan Museum of Art (13/9/2021) di New York. Met Gala tahun ini dipenuhi penampil muda seperti penyanyi Billie Eilish, aktor Timothee Chalamet, penyair Amanda Gorman dan bintang tenis Naomi Osaka [AFP/Angela Weiss].

Menggunakan bahan recycle, Heron Preston kolaborasi dengan Mercedes-Benz dalam peringatan dua momen penting.

Suara.com - Heron Preston adalah disc-jockey (DJ), content creator, desainer busana, dan creative director. Pendeknya seniman lengkap. Karyanya dengan penekanan streetwear yang ramah lingkungan mendapatkan sambutan seru.

Untuk menampilkan karyanya, lelaki usia 38 tahun kelahiran 18 April 1983 ini tak jarang menggunakan mobil sebagai wahana penyampaian ide.

Seperti bisa disimak dari potret yang ditayangkan AFP, di acara New York Fashion Week 2016 (7/9/2016) saat ia mengangkut satu unit truk sampah Departemen Sanitasi DSNY  Amerika Serikat. Setelah dimodifikasi menjadi panggung dilengkapi cermin di setiap sisi, di kendaraan inilah ia menampilkan karyanya.

Sebuah truk sampah mengilap DSNY Departemen Sanitasi menjadi media pameran Heron Preston di acara New York Fashion Week di New York (7/9/2016) [AFP/Trevor Collens]
Sebuah truk sampah mengilap milik Departemen Sanitasi DSNY menjadi media pameran Heron Preston di acara New York Fashion Week di New York (7/9/2016) [AFP/Trevor Collens]

Terbaru, seperti dikutip dari Motor1, Heron Preston menampilkan busana dari bahan hasil daur ulang airbag Mercedes-Benz. Tampil sebagai latar belakang adalah mobil-mobil buatan perusahaan asal Jerman itu.

Baca Juga: Best 5 Oto: Busana Hasil Daur Ulang Airbag Mercedes-Benz, Motor Sport Kolaborasi Suzuki

Cat yang dibubuhkan berwarna terang atau mencolok untuk setiap bagian kendaraan. Sukses memberikan aksen seru terhadap busana karyanya, dalam kelir dominan warna putih dan pastel.

Mercedes-Benz apparels dari daur ulang airbag [Mercedes-Benz via Motor1].
Mercedes-Benz apparels dari daur ulang airbag [Mercedes-Benz via Motor1].

Karya Heron Preston ini semakin mengukuhkan namanya yang kondang sebagai desainer dengan konsep sustainability atau keberlanjutan lingkungan hidup.

"Koleksi busana Airbag ini terinspirasi dari dua inovasi teknis tentang kantong penyelamat jiwa, yaitu airbag yang dipatenkan 50 tahun silam, dan pengenalan produk Mercedes-Benz S-Class pada 1981," papar Bettina Fetzer, Vice President of Communications and Marketing Mercedes-Benz.

"Kami yakin bahwa kreasi bersama dan proyek kolaboratif ini menciptakan momen yang tak terlupakan sekaligus unik bersama brand kami," tambahnya.

Busana dari daur ulang airbag karya Heron Preston [Mercedes-Benz via Motor1].
Heron Preston (tengah)bersama karyanya, busana dari daur ulang airbag [Mercedes-Benz via Motor1].

Adapun material airbag hasil recycle ini bisa berasal dari produk yang lewat masa pakai atau kedaluwarsa. Airbag memiliki lifetime dan mesti diganti secara berkala.

Baca Juga: Mercedes-Benz Sebutkan Kelangkaan Chip Semikonduktor Bak Lalu Lintas Macet

Belum disebutkan apakah produk ini nantinya akan diproduksi dalam jumlah besar untuk dipasarkan kepada umum.

Komentar