alexametrics

Baterai Skuter Listrik Produksi Mahle dan Allotrope Mampu Recharging Satu Menit 30 Detik

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Baterai Skuter Listrik Produksi Mahle dan Allotrope Mampu Recharging  Satu Menit 30 Detik
Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Rida Mulyana mencoba baterai sepeda motor listrik di Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU), Jakarta. Sebagai ilustrasi [ANTARA/Afut Syafril]

Tanpa melibatkan material REE, baterai untuk sepeda motor listrik dilengkapi pedal ini bisa diisi lebih cepat.

Suara.com - Perusahaan baterai Mahle Powertrain dan Allotrope Energy meluncurkan baterai lithium-karbon baru yang disebutkan sanggup melakukan pengisian super cepat. Pasalnya, dalam kandungannya tidak dilibatkan penggunaan Rare Earth Elements (REE) atau material logam yang biasanya digunakan dalam industri.

Bahkan, begitu cepatnya jenis baterai yang digunakan untuk moped atau sepeda motor listrik berpedal ini, waktu isi ulang hanya satu setengah menit.

"Kekhawatiran baterai habis sering menjadi penghalang utama bagi masyarakat untuk beralih ke kendaraan listrik. Tetapi jika baterai dapat diisi ulang secara cepat, kami yakin rasa khawatir itu akan sirna," ujar Mike Bassett, Kepala Penelitian Mahle Powertrain, dikutip dari Carscoops.

Baterai listrik mahle yang melibatkan lithium dan karbon [Carscoops].
Baterai listrik Mahle yang melibatkan lithium dan karbon [Carscoops].

Dalam mengembangkan baterai, perusahaan menggabungkan manfaat superkapasitor dengan baterai lithium-ion tradisional.

Baca Juga: PLN Berikan Diskon Tarif dan Tambah Daya Bagi Pemilik Home Charging Mobil Listrik

Susunannya memiliki fitur anoda tipe baterai tingkat tinggi dan katoda gaya kapasitor lapis ganda listrik (EDLC) berkapasitas tinggi yang dipisahkan elektrolit organik.

Hasilnya adalah baterai yang tidak mengalami efek degradasi termal dari baterai berbasis lithium dan stabil pada suhu tinggi. Dengan demikian, baterai sanggup melakukan pengisian cepat tanpa pendinginan eksternal yang rumit.

Bateral listrik Mahle diterapkan pada moed atau skuter listrik Pengisian ulang sungguh singkat [Carscoops].
Bateral listrik Mahle diterapkan pada skuter listrik Pengisian ulang sungguh singkat [Carscoops].

Anoda bergaya kapasitor juga memungkinkan masa pakai lebih dari 100.000 siklus, jauh lebih banyak daripada baterai lithium-ion. Dan tanpa material kelompok REE, baterai lebih mudah didaur ulang.

Dalam pengujian internal yang dilakukan pada moped. Jarak tempuh mencapai 25 km dengan kapasitas baterai lithium-ion 500 Wh. Lama pengisian mencapai 30 menit.

Baca Juga: Nissan Motor dan Waseda University Uji Proses Daur Ulang Motor Kendaraan Listrik

Komentar