alexametrics

Ford Siapkan Truk Listrik Seri F Generasi Baru, dan Investasi Baterai 11,4 Miliar Dolar AS

RR Ukirsari Manggalani
Ford Siapkan Truk Listrik Seri F Generasi Baru, dan Investasi Baterai 11,4 Miliar Dolar AS
Ford F-150 EV, truk listrik produksi Ford, sebagai ilustrasi [Ford via ANTARA].

Perusahaan Amerika Serikat ini bakal mengucurkan dana investasi untuk mobil listrik dan baterai.

Suara.com - Ford Motor Company mengumumkan rencana untuk menghadirkan Electric Vehicle (EV) dalam skala besar di Negeri Paman Sam. Alokasi pembuatannya di Tennessee dan Kentucky. Dua pabrik ini akan memproduksi truk F-Series tenaga listrik generasi baru. Antara lain Ford F-150 EV, serta baterai mobil listrik.

Dikutip kantor berita Antara dari pernyataan resmi Ford Motor Company pada  Selasa (28/9/2021), Ford berencana untuk melakukan investasi terbesarnya di Amerika Serikat dalam kendaraan listrik bersama mitranya SK Innovation.  Nilainya mencapai 11,4 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 162,5 triliun.

Blue Oval City, pusat pengembangan mobil listrik dan baterai mobil yang akan dibangun Ford [Ford via ANTARA].
Blue Oval City, pusat pengembangan mobil listrik dan baterai mobil yang akan dibangun Ford [Ford via ANTARA].

Dan adanya proyek ini turut menciptakan hampir 11.000 pekerjaan baru di mega-situs Tennessee dan Kentucky.

Sebuah mega kampus baru senilai 5,6 miliar dolar AS ditempatkan di Stanton, Tennessee, yang disebut Blue Oval City, akan menciptakan sekitar 6.000 pekerjaan baru. Siap memproduksi mobil listrik serta baterai.

Baca Juga: General Motors Produksi Motor Penggerak Tenaga Listrik Baru, Dicangkok ke GMC Hummer EV

Sementara di Kentucky, Ford berencana membangun kompleks manufaktur baterai khusus dengan SK Innovation, disebut BlueOvalSK Battery Park, senilai 5,8 miliar dolar. Sebanyak 5.000 tenaga kerja bakal terserap.

Pabrik baterai kembar di lokasi ini akan memasok pabrik perakitan Ford Motor Company untuk wilayah Amerika Utara dengan baterai rakitan lokal. Utamanya produk dengan brand Ford dan Lincoln.

"Ini adalah momen transformatif di mana Ford akan memimpin transisi Amerika ke kendaraan listrik dan mengantar era baru manufaktur bersih dan netral karbon," ungkap Ketua Eksekutif Ford Motor Company, Bill Ford.

Komentar