alexametrics

Saingi Yamaha Niken, Kawasaki Siap Kembangkan Motor Roda Tiga?

Cesar Uji Tawakal
Saingi Yamaha Niken, Kawasaki Siap Kembangkan Motor Roda Tiga?
Ilustrasi logo Kawasaki. [Shutterstock]

Motor ini disinyalir akan mengusung mesin dari Kawasaki H2.

Suara.com - Insinyur Kawasaki saat ini disinyalir tengah mengerjakan rancangan superbike dengan tiga roda seperti halnya yamaha Niken.

Perancangan tersebut sudah berlangsung lama. Dilansir dari MCN, petunjuk pertama pada proyek ini datang pada tahun 2013, ketika motor show 'Concept J' diluncurkan di Tokyo.

Motor tersebut menggabungkan sejumlah teknologi radikal termasuk tenaga listrik, posisi berkendara yang berubah bentuk dan tiga-tata letak beroda.

Berbeda dengan Yamaha, Kawasaki menyusun tata letak roda tiga dengan penggunaan dua roda depan yang masing-masing disokong swing arm satu sisi yang unik.

Baca Juga: Wikon Kini Kuasai 100 Persen Saham Produsen Motor Listrik Gesits

Sistiem tersebut yang bergerak selaras dengan roda, jadi ketika motor sedang dalam tikungan, palang yang terhubung ke roda bagian dalam naik dan yang menempel pada roda luar bergerak ke bawah.

Motor tiga roda Kawasaki. (MCN)
Motor tiga roda Kawasaki. (MCN)

Laporan terbaru menunjukkan gelagat untuk tahap pengembangan selanjutnya, dengan superbike roda tiga baru yang muncul dalam dokumen strategi baru-baru ini.

Meskipun hanya muncul sebagai ilustrasi umum, kemunculan motor ini bertepatan dengan paten yang diajukan awal tahun ini untuk versi terbaru dari suspensi front twin swingarm, menunjukkan versi sederhana dari set-up yang dikembangkan untuk Concept J.

Yamaha Niken dipamerkan di Berlin, Jerman Februari 2018. [Shutterstock]
Yamaha Niken dipamerkan di Berlin, Jerman Februari 2018. [Shutterstock]

Meskipun sulit untuk memilih detail dari gambar kecil, beberapa komponen dapat dikenali. Swingarm belakang satu sisi, misalnya, langsung dari Kawasaki H2 supercharged.

Meskipun berbagi swingarm tidak berarti kendaraan roda tiga juga meminjam mesin supercharged, namun disinyalir bahwa itu adalah pilihan paling jelas dari rangkaian unit daya Kawasaki saat ini, mengingat fakta bahwa kendaraan roda tiga cenderung lebih besar dan lebih berat daripada sepeda konvensional.

Baca Juga: Motor Bercita Rasa Volvo Ini Bikin Penasaran, Pinjam Basis Mesin Benelli TNT 600?

Komentar