facebook

Tanggapi Balap Liar, Yamaha Siap Lakukan Komunikasi dengan AISI

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Tanggapi Balap Liar, Yamaha Siap Lakukan Komunikasi dengan AISI
Yamaha Endurance Festival. [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan]

Yamaha akan menghubungi AISI untuk menyumbangkan ide sehubungan peniadaan balap liar.

Suara.com - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) siap melakukan komunikasi dengan Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI) untuk menumbuhkan budaya balap di Indonesia.

Hal ini disampaikan President Director & CEO PT YIMM, Minoru Morimoto menanggapi rencana Polda Metro Jaya yang berencana memfasilitasi balap liar di wilayah DKI Jakarta.

"Kalau kami ingin mendorong pemerintah untuk menumbuhkan racing culture. Kami pertama kali akan mengomunikasikannya kepada AISI dan dengan kewenangan AISI akan berkoordinasi dengan pemerintah," ujar Minoru Morimoto, di Sentul International Circuit, baru-baru ini.

Sepeda motor yang diamankan saat balap liar oleh jajaran Polres Agam. [Dok.Antara]
Sepeda motor yang diamankan saat balap liar oleh jajaran Polres Agam.  Sebagai lustrasi balap liar [Dok.Antara]

Morimoto-san menambahkan, AISI saat ini memiliki kapasitas. Terlebih lagi terdapat beberapa perusahaan sepeda motor yang bernaung di bawah asosiasi.

Baca Juga: Fitur Quick Shifter All-New Yamaha R15 Bisa Dipasang untuk Versi Standar

"Kami punya perusahaan-perusahaan kompetitor yang baik seperti Honda, Suzuki, Kawasaki yang bernaung di AISI," ungkap Morimoto-san.

Sebelumnya dikutip dari laman Divisi Humas Polri, Polda Metro Jaya berencana untuk memfalisiltasi balap liar dengan menggelar ajang balap motor di Jakarta pada Januari 2022.

Peserta kompetisi itu adalah pelaku balap liar jalanan yang sering diburu polisi. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Pol Sambodo Purnomo Yogo.

Ia menegaskan bahwa Kepolisian serius akan memfasilitasi pembalap jalanan itu dengan ajang balapan motor resmi.

Komisaris Besar Pol Sambodo Purnomo Yogo juga mengatakan, sejumlah lokasi penyelenggaraan balapan pun sudah dipetakan.

Baca Juga: Sudah Hadir, Yamaha R25 ABS Livery Tribute 60 Tahun Berkiprah di Balapan Dunia

Pihaknya sudah menyiapkan Forum Group Discussion (FGD) dengan berbagai kalangan termasuk para pelaku balap liar, pada Rabu (22/12/2021).

Kekinian disebutkan bahwa Polda Metro Jaya akan bekerja sama dengan Ikatan Motor Indonesia atau IMI menggunakan Sirkuit Ancol untuk kebutuhan ini.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar