facebook

Tips Rawat Fitur Keyless Sepeda Motor Matik, Jangan Dekatkan Peranti Elektronik

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Tips Rawat Fitur Keyless Sepeda Motor Matik, Jangan Dekatkan Peranti Elektronik
Yamaha FreeGo sudah dilengkap fitur keyless untuk starter dan buka jok, serta fitur daya smartphone melalui electric power socket. Sebagai contoh sepeda motor Yamaha keyless [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Dengan sistem keyless, pengguna tak perlu lagi memasukkan kunci. Akan tetapi peranti perlu dirawat.

Suara.com - Smart Key System (SKS) menjadi fitur yang saat ini banyak digunakan di sepeda motor. Digemari masyarakat Indonesia, khususnya generasi milenial karena sistem kunci tanpa anak kunci (keyless) ini mempermudah pengguna melakukan starter atau menyalakan mesin sepeda motor.

SKS memiliki dua fungsi utama, sebagai Answer Back System untuk mempermudah pengendara dalam mencari posisi motor di parkiran dalam radius 20 m.

Selain itu, memiliki Immobilizer untuk meningkatkan keamanan sepeda motor saat di parkiran, karena motor hanya bisa menyala jika ada remote dalam radius 80 cm.

Yamaha FreeGo merupakan skuter matik dengan mengusung mesin 125 cc.
Yamaha FreeGo merupakan skuter matik dengan mengusung mesin 125 cc [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan]

Akan tetapi fitur ini juga perlu perawatan, seperti dalam keterangan Yamaha Indonesia, berikut beberapa tips perawatan yang tepat untuk Smart Key System (SKS) pada sepeda motor matik:

1. Hindari menekan knob secara paksa jika smart key tidak di dekat motor. Pastikan mengoperasikan knob sebagai pengganti kunci kontak dengan normal mencegah kerusakan mekanis pada knob. Selain itu, mengingat motor hanya bisa menyala jika ada remote, maka pastikan remote selalu berada di dekat motor saat menekan knob.

2. Pastikan remote tidak terjatuh dan selalu dalam kondisi kering. Remote sebagai pemberi sinyal, meskipun sudah dilengkapi seal anti air, pastikan selalu kering sebelum dinyalakan untuk mencegah kerusakan akibat hubungan arus pendek.

3. Hindari Radiasi Elektromagnet. Hindari kebiasaan meletakkan SKS di sekitar benda dengan radiasi elektromagnet yang tinggi, seperti smartphone, televisi, pemancar signal, dan sejenisnya. Hal ini berpotensi mengganggu sinyal pada remote SKS.

4. Pastikan telah menekan tombol off pada remote setelah mematikan sepeda motor. Jika remote tidak dalam kondisi off atau masih menyala setelah motor mati, sinyal dari remote akan terus memancar sehingga menguras baterai remote.

5. Selalu cek baterai remote. Jika radius remote dengan sepeda motor terlalu pendek saat digunakan maka disarankan untuk segera mengganti baterai pada remote.

6. Pastikan selalu menyimpan nomor pin smart key. Hal ini mempermudah konsumen untuk menginformasikan kepada dealer jika terjadi kehilangan kunci.

7. Hindari menyimpan remote di bagasi motor atau rak pada motor. Hal ini agar tidak tidak tertinggal ataupun hilang. Jika kehilangan kunci, konsumen harus mengganti smart unit, SGCU, dan remote control.

8. Selalu cek kebersihan socket dan jalur kabel pada smart unit sebagai penerima sinyal untuk menghindari terjadinya korsleting.

Baca Juga: Yamaha Endurance Festival 2021 Menjadi The Last Race of Minoru Morimoto

Komentar