facebook

PT KBI Serahkan Bantuan Berupa Ambulans di Cirebon

RR Ukirsari Manggalani
PT KBI Serahkan Bantuan Berupa Ambulans di Cirebon
Penyaluran bantuan satu unit ambulans dari PT KBI (Persero) kepada masyarakat Cirebon [ANTARA/HO-PT KBI]

Harapannya ambulans berfungsi untuk menangani bidang kesehatan dan kegawatdaruratan.

Suara.com - PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) menyalurkan bantuan satu unit ambulans kepada Yayasan Miftahul Ulum Ar Rahman Mulya di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan atau CSR (Corporate Social Responsibility).

Dikutip dari kantor berita Antara, sumbangan ambulans ini dilakukan sebagai salah satu upaya perusahaan membantu meningkatkan pelayanan, khususnya dalam bidang kesehatan kepada masyarakat di daerah itu.

Ditinjau dari spesifikasinya, ambulans dari PT KBI adalah jenis commercial vehicle standar untuk penanganan medis yang dilengkapi berbagai peralatan medis. Antara lain tabung oksigen dan peralatan lainnya.

Ilustrasi kabin ambulans [Shutterstock].

"Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian perusahaan dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan, kami berharap bantuan ini bermanfaat untuk masyarakat, kata Direktur PT KBI, Agung Rihayanto dalam rilis yang diterima di Pangkalpinang, Senin (17/1/2022).

Baca Juga: Patut Dicontoh: Rombongan Presiden Joko Widodo Minggir Beri Jalan Buat Ambulans

Menurut Agung Rihayanto, bidang kesehatan menjadi hal penting dalam masyarakat, karena kesehatan memiliki peran dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta pembangunan ekonomi.

"Kami juga ingin mewujudkan peran serta KBI dalam memberikan peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, serta dalam perwujudan tujuan pembangunan berkelanjutan atau "sustainable development goals", khususnya di tujuan ketiga, yaitu kehidupan yang sehat dan sejahtera," jelas Agung Rihayanto.

Tujuan pembangunan berkelanjutan merupakan kelanjutan dari tujuan pembangunan milenium yang diterapkan sejak 1 Januari 2016 sampai 2030, pembangunan ini merupakan komitmen global dan nasional dalam upaya menyejahterakan masyarakat ini, mencakup 17 tujuan.

Dengan adanya ambulans di daerah itu diharapkan masyarakat Cirebon akan dapat meningkatkan mobilitas dalam penanganan bencana dan kegawatdaruratan, sehingga penanganan medis dapat dilakukan cepat dan sewaktu-waktu.

Selain itu, armada ambulans bisa membantu masyarakat dalam mendapatkan kendaraan untuk mobilitas pertolongan pertama dalam medis.

Baca Juga: Di Lokasi Rawan Kecelakaan, PMI Sukabumi Siagakan Personel dan Ambulans

"Kendaraan ini nantinya akan dioperasikan pengurus Yayasan Miftahul Ulum Ar-Rahman Mulya, dan untuk menjaga kelangsungan operasional, KBI memberikan layanan servis selama satu tahun," imbuhnya.

Adapun penyerahan bantuan ambulans itu telah dilaksanakan pada Sabtu (15/1/2022) di Cirebon.

Komentar