facebook

Begini Cara Ganti Oli Motor BeAT Tanpa Harus ke Bengkel, Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?

Cesar Uji Tawakal
Begini Cara Ganti Oli Motor BeAT Tanpa Harus ke Bengkel, Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?
New Honda BeAT CBS-ISS warna Electro Matte Blue [PT AHM].

Tahukan kami cara ganti oli motor BeAT tanpa harus ke bengkel? Jika tidak tahu, kamu bisa lihat penjelasannya di sini!

Suara.com - Kembali lagi di artikel yang bisa membuat Anda mendapatkan ilmu baru dan pengetahuan baru. Sekarang, kita akan membahas cara ganti oli motor BeAT secara mandiri di rumah, tanpa harus ke bengkel. Akan menghemat waktu dan biaya bukan?

Cara ini bisa kami sampaikan karena pada kenyataannya penggantian oli sepeda motor BeAT ini termasuk sangat mudah. Prosesnya cepat, dan tidak memerlukan perkakas yang terlalu banyak. Maka langsung saja kita masuk ke tahap-tahap cara ganti oli motor BeAT berikut ini.

Ilustrasi menuang pelumas motor R2 [Shutterstock].
Ilustrasi menuang pelumas motor R2 [Shutterstock].

Persiapan yang Dilakukan

Untuk persiapannya, Anda hanya membutuhkan kunci ring atau kunci  shock berukuran 12, kemudian kain lap kering, tang, corong untuk memasukkan oli, dan wadah untuk menampung oli bekas yang ada di dalam mesin. 

Baca Juga: Sebuah Mercedes-Benz C200 Ringsek Usai Adu Banteng dengan Angkot di Jalan Pasirkaliki Bandung

Jika semua sudah siap, kita bisa masuk ke langkah-langkah penggantian oli.

Cara Ganti Oli Motor BeAT

1. Bukalah baut pembuangan yang ada di bawah tutup masuk oli. Baut ini terletak di bagian kanan. Sebelumnya letakkan wadah untuk menampung oli bekas yang ada di dalam mesin tersebut.

2. Buka juga bagian tutup masuk oli dengan tang, sehingga oli bisa keluar lebih cepat. Agar memastikan tempat oli ini bersih, Anda bisa menyemprotkan angin menggunakan kompresor atau memiringkan posisi motor.

3. Setelah bersih, tutup lubang pembuangan oli yang tadi terbuka hingga rapat. Siapkan oli yang baru, buka kemasannya, kemudian tuang ke dalam ruang oli dengan corong melalui bagian masuk oli yang tadi juga dibuka. Gunakan corong untuk membantu penuangan ini agar tidak tumpah.

Baca Juga: Calon Penantang Kawasaki W175 Mulai Unjuk Gigi, Kesan Retro Khas Banget

4. Tutup kembali lubang masukan oli hingga rapat agar tidak tumpah saat mesin beroperasi. 

Rekomendasi Oli untuk BeAT

Untuk produk olinya sendiri sebenarnya akan tergantung dengan preferensi Anda masing-masing. Namun disarankan untuk memakai oli dengan kode SAE 10W-30 untuk performa mesin yang optimal. Penggantian oli ini juga sebaiknya dilakukan setiap jarak tempuh 4.000 km, agar menjaga kondisi mesin tetap segar dan bersih.

Itu tadi, sedikit informasi mengenai cara ganti oli motor BeAT yang bisa kami bagikan. Mudah bukan? Semoga bisa dilakukan dengan lancar, dan semoga hari Anda menyenangkan!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar