facebook

Pemilihan BBM yang Tepat Mampu Pertahankan Keawetan Komponen Kendaraan

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Pemilihan BBM yang Tepat Mampu Pertahankan Keawetan Komponen Kendaraan
Salah satu aktivitas pengisian BBM. Sebagai ilustrasi [Dokumentasi Pertamina]

Jaga keawetan komponen mobil dengan cara ini.

Suara.com - Memilih Bahan Bakar Minyak (BBM) yang tepat adalah hal yang harus dilakukan pemilik kendaraan. Pasalnya, penggunaan BBM yang tepat mampu menjaga mesin mobil bekerja secara optimal, serta mempertahankan keawetan komponennya.

Sebaliknya, menggunakan BBM yang tidak sesuai kebutuhan dalam jangka waktu panjang bisa membuat proses pembakaran tidak sempurna. Kondisi ini berpotensi meningkatkan emisi gas buang yang dihasilkan mobil.

Menurut Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), penggunaan BBM yang sesuai dengan Research Octane Number (RON) akan menghasilkan pembakaran yang baik di ruang mesin.

Tampak samping Suzuki XL7 mulai buritan sampai haluan. Sarat unsur macho [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
Suzuki XL7. Sebagai ilustrasi [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Oleh karena itu, Suzuki mengimbau agar pengendara menggunakan BBM dengan oktan tinggi atau sesuai dengan kebutuhan mesin mobil.

Baca Juga: Bensa, Bensin Minyak Sawit untuk Bahan Bakar Kendaraan Bermotor

"Pemilihan bahan bakar yang baik untuk kendaraan harus disesuaikan dengan kebutuhan mesin agar kendaraan tetap berfungsi dengan optimal dan prima," jelas Hariadi, dalam keterangan tertulisnya.

"Apabila pengendara kurang memahami kebutuhan BBM, pengendara dapat membaca buku petunjuk penggunaan kendaraan maupun berkonsultasi dengan teknisi kami yang berpengalaman ketika sedang melakukan service rutin di bengkel resmi atau bertanya langsung ke pihak dealer saat awal pembelian," imbuhnya.

Berikut spesifikasi BBM sebagai patokan:

Bahan Bakar Oktan 90

BBM yang memiliki oktan 90 dapat digunakan untuk kendaraan dengan rasio kompresi mesin 9:1 hingga 10:1.

Baca Juga: Seru, Sepeda Motor Hybrid Buatan Yamaha Ini Ludes dalam Bilangan Jam Saja

Kualitas yang dimiliki tergolong cukup baik untuk keperluaan sehari-hari, dan sebagai kelebihannya BBM oktan 90 memiliki harga jual yang paling terjangkau.

Bahan Bakar Oktan 92

Jenis BBM ini memiliki kualitas lebih unggul apabila dibandingkan dengan oktan 90. Kadar oktan 92 dapat membuat proses pembakaran mesin jadi lebih sempurna serta memiliki kemampuan untuk membantu membersihkan residu karbon pembakaran di dalam mesin.

Sehingga membuat performa mesin lebih baik, awet, dan konsumsi bahan bakar lebih efisien. BBM jenis ini dapat digunakan untuk kendaraan dengan rasio kompresi mesin 10:1 hingga 11:1, seperti memenuhi kebutuhan mobil MPV All-New Suzuki Ertiga dan Suzuki XL7.

Bahan Bakar Oktan 95

BBM jenis ini dapat digunakan untuk mesin yang memiliki rasio kompresi lebih tinggi seperti 11:1 hingga 12:1.

BBM dengan oktan 95 memiliki kemampuan mengurangi endapan residu karbon dengan lebih baik. Sehingga mampu mendorong kinerja mesin untuk mendapatkan performa lebih tinggi, efisien, dan dapat mengurangi gesekan guna memperkecil energi yang terbuang akibat panas.

Keuntungannya dapat mengurangi keausan komponen mesin. Seiring dengan kualitasnya, BBM oktan 95 memiliki banderol harga yang lebih tinggi.

Bahan Bakar Oktan 98

Bahan bakar yang dikembangkan dengan teknologi mutakhir ini memiliki oktan yang sangat tinggi yaitu RON 98, agar sesuai dengan kebutuhan mesin mobil performa tinggi yang menuntut pembakaran lebih sempurna.

Kemampuannya dalam memberikan efisiensi dan perlindungan komponen mesin sangat dibutuhkan oleh mesin dengan spesifikasi kompresi tinggi yaitu hingga 13:1.

Harganya pun terpaut jauh jika dibandingkan jenis BBM lainnya.

Namun, apabila digunakan pada mesin berkompresi rendah akan dapat mengakibatkan gejala fuel dilution, dimana BBM tidak terbakar seluruhnya secara sempurna, meninggalkan sisa yang mengakibatkan konsumsi bahan bakar terasa lebih boros.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar