facebook

Jenis-Jenis Mesin Motor dan Perbedaannya: Ini Masing-Masing Keunggulannya

Cesar Uji Tawakal
Jenis-Jenis Mesin Motor dan Perbedaannya: Ini Masing-Masing Keunggulannya
Ilustrasi motor. (Pixabay)

Penting untuk mengetahui jenis-jenis mesin motor dan perbedaannya. Adapun jenis-jenis mesin motor yakni:DOHC, SOHC, dan OHV.

Suara.com - Mesin adalah jantung dari setiap kendaraan bermotor. Untuk sepeda motor, Anda mungkin telah memperhatikan ada beberapa jenis mesin. Lantas, apa saja jenis-jenis mesin motor dan apa perbedaannya?

Penting untuk diketahui, jika Anda berkendara secara kompetitif atau hanya sebagai moda transportasi, akan berguna untuk mengenal mesin sepeda motor dan memahami perbedaan di antara berbagai jenisnya. 

Nah, artikel ini merangkum semua yang perlu Anda ketahui tentang berbagai jenis mesin sepeda motor dan perbedaannya. 

Jenis-jenis Mesin Motor 

Baca Juga: Penjelasan Ilmiah: Mengapa Pengemudi Mobil-Pengendara Motor Bisa Terlibat Laka Lantas Bersama

Diketahui, mesin motor terbagi menjadi beberapa jenis. Adapun jenis-jenisnya yaitu DOHC, SOHC, dan OHV. Untuk lebih jelasnya berikut ini ulasannya.

Ilustrasi mesin motor. (Suara.com/Cesar Uji Tawakal)
Ilustrasi mesin motor. (Suara.com/Cesar Uji Tawakal)

1. DOHC

DOHC (Double Over Head Camshaft) ini mesin motor yang cara kerjanya menggunakan 2 camshaft (intake dan exhaust) di dalam satu sistem head engine, yang berguna agar putaran mesin terasa lebih ringan.

2. SOHC

SOHC (Single Over Head Camshaft) ini mesin motor yang cara kerjanya hanya menggunakan 1 camshaft, yang mana fungsinya untuk menggerakkan rockerarm. Tenaga mesin ini cenderung lebih kecil dibanding mesin DOHC. 

Baca Juga: Maling Motor Beraksi Lagi di Kraksaan Probolinggo, Untung Gagal Tepergok Pemiliknya

3. OHV

OHV (Over Head Valve) ini mesin motor yang cara kerjanya sama dengan sistem SOHC, namun posisi camshaft mesin ini terletak di bawah dekat crankshaft. Rockerarm di gerakkan oleh push rod. Sistem ini biasanya hanya digunakan oleh mesin yang kecil.

Perbedaan 

Perbedaan DOHC, SOHC, serta OHV ini terletak pada bagian kontruksi head engine. Selain itu, pebedaan lainnya juga dapat dilihat pada jumlah camshafts di bagian mesinnya. 

Selain itu, perbedaan lainnya terletak pada nama DOHC dan SOHC. Kedua nama tersebut memiliki perbedaan pada kata pertamanya. DOHC (Double Overhead Camshaft) diawali kata 'double, sedangkan  SOHC (Single Overhead Camshaft) diawali kata 'Single'.

Kehadiran kedu mesin tersebut diawali karena adanya keinginan industri mobil untuk mengubah teknologi OHV (Over Head Valve) yang mulanya posisi camshaft berada di bagian bawah katup.

Karena OHV dianggap sudah tak efisien, maka industri mobil merilis mesin SOHC dan emindahkan camshaft ke posisi bagian atas. Setelah itu, dilanjutkan dengan merilis teknologi mesin DOHC yang mempunyai dua camshaft.

Demikian informasi mengenai jenis-jenis mesin motor dan perbedaannya. Semoga bermanfaat.

Kontributor : Ulil Azmi

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar