facebook

Kembangkan Industri Pariwisata Otomotif, Kemenparekraf Bekerja Sama dengan IMI

RR Ukirsari Manggalani
Kembangkan Industri Pariwisata Otomotif, Kemenparekraf Bekerja Sama dengan IMI
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dengan Ketua Umum IMI Pusat Bambang Soesatyo di Sultan Hotel, Jakarta, Sabtu (29/1) [ANTARA/HO-Kemenparekraf].

Banyak sektor pariwisata bisa dikembangkan sejalan sektor otomotif, sehingga terjalinlah kerja sama ini.

Suara.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggandeng Ikatan Motor Indonesia (IMI) untuk bekerja sama. Yaitu mengembangkan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai bentuk kolaborasi bersama sektor otomotif.

Dikutip kantor berita Antara dari keterangan Kemenparekraf, kedua belah pihak melakukan penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) yang dilakukan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, dengan Ketua Umum IMI Pusat Bambang Soesatyo dalam salah satu mata acara di Rapat Koordinasi Nasional-Musyawarah Luar Biasa IMI 2021 di Sultan Hotel, Jakarta, Sabtu (29/1/2022).

"Saya sangat mengapresiasi kerja sama ini untuk mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif bersama-sama," sambut Menparekraf Sandiaga Uno.

Deretan potret kendaraan buatan PT Pindad yang ikut mejeng di Sirkuit Mandalika. (Dok. Pindad)
Wisata dan sport otomotif berpadu bersama di gelaran World Superbike atau WSBK Sirkuit Mandalika. Tampak kendaraan buatan PT Pindad yang dipamerkan di Sirkuit Mandalika.  Sebagai ilustrasi (Dok. Pindad)

MoU ini memiliki beberapa ruang lingkup yaitu:

Baca Juga: Bamsoet: Karya Modifikator Indonesia Tidak Kalah dengan Luar Negeri

  • penyelenggaraan kegiatan berbasis industri pariwisata otomotif
  • peningkatan kualitas dan kemampuan sumber daya manusia di bidang parekraf
  • pengembangan destinasi pariwisata dan infrastruktur ekonomi kreatif
  • pengembangan industri dan investasi serta pemasaran di bidang parekraf.
  • pengembangan produk wisata dan penyelenggaraan serta pengembangan ekonomi digital dan produk kreatif yang berhubungan dengan transformasi digital.
  • Semua ruang lingkup tadi berhubungan dengan kegiatan olahraga dan mobilitas kendaraan bermotor atau otomotif.

"Penyelenggaraan kegiatan-kegiatan berbasis automotive sports tourism memiliki potensi dan memberikan dampak yang besar terhadap kebangkitan sektor pariwisata sehingga dapat mendorong kebangkitan ekonomi dengan terbukanya lapangan kerja," lanjut Sandiaga Uno.

Kegiatan berbasis industri pariwisata otomotif disebut mampu menjadi etalase berbagai produk ekonomi kreatif, seperti dari merchandise, baju, dan kuliner. Hal ini dianggap menjadi peluang bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan pelaku ekonomi kreatif lainnya.

Salah satu kegiatan Kemenparekraf yang berkolaborasi dengan IMI adalah persiapan MotoGP Mandalika 2022 yang akan berlangsung dalam 45 hari mendatang.

"Dapat kami sampaikan bahwa MotoGP 2022 show must go on, persiapan sudah memasuki finalisasi. Ini kami harapkan menjadi satu kebangkitan dari ekonomi otomotif maupun sport tourism," pungkas Menparekraf Sandiaga Uno.

Baca Juga: Populer di Kalangan Pencinta Mobil, Ini Pengertian JDM di Dunia Otomotif

Komentar