facebook

NgabubuTips: Kenali Penyebab Mobil Sering Alami Pecah Ban, Biar Aman saat Cari Takjil

Yasinta Rahmawati | Gagah Radhitya Widiaseno
NgabubuTips: Kenali Penyebab Mobil Sering Alami Pecah Ban, Biar Aman saat Cari Takjil
Ojol membantu pemobil yang mengalami pecah ban di jalan (Facebook)

Kenali penyebab mobil yang sering mengalami pecah ban.

Suara.com - Ban menjadi salah satu bagian penting dalam berkendara mobil ataupun motor. Jika ban bermasalah, pastinya pengendara tidak bisa menggerakkan mobil ataupun motor.

Oleh karena itu, ban harus selalu dicek kondisinya sebelum berkendara. Namun terkadang namanya musibah memang tidak bisa diprediksi kapan terjadinya, seperti mengalami pecah ban dalam perjalanan.

Pecah pada ban memang banyak faktor yang menjadi penyebabnya. Seperti yang dikemukakan dalam laman Daihatsu Indonesia, terdapat 5 penyebab mobil mengalami pecah ban.

1. Menabrak Benda Tajam

Baca Juga: NgabubuTips: Cara Aman Parkir Mobil Matik Tanpa Rusak Transmisi Otomotis

Salah satu penyebab pecah ban yang sering terjadi adalah karena mobil menabrak benda tajam. Benda tajam ini pun beragam mulai dari paku, hingga pecahan botol kaca yang mungkin saja tergeletak ditengah jalan.

Mobil yang sedang melaju dengan kecepatan tertentu dan menabrak benda tajam ini bisa menyebabkan karet pembungkus pelek robek.

2. Tekanan yang Kurang pada Ban

Tekanan yang kurang pada ban juga bisa menjadi salah satu penyebab ban mobil pecah. Sebagai pemilik kendaraan, kalian harus menyesuaikan tekanan ban pada mobil yang direkomendasikan oleh pabrik kendaraan.

Apalagi jika tekanan pada ban mobil tidak sesuai standar pabrik, ditambah dengan mobil yang digunakan untuk membawa beban berat. Jelas hal ini bisa menambah resiko ban mobil mengalami pecah ban.

Baca Juga: NgabubuTips: Begini Cara Usir Kantuk saat Berkendara Motor di Bulan Ramadan, Enggak Perlu Ribet

Dengan memperhatikan tekanan pada ban, kendaraan juga bisa lebih hemat bahan bakar.

Mobil karimun mengalami pecah ban setelah di hadang 9 dept collector di Padang. [Dok.Istimewa]
Mobil karimun mengalami pecah ban setelah di hadang 9 dept collector di Padang. [Dok.Istimewa]

3. Perlakuan Keras saat Berkendara

Perlakuan keras yang dilakukan saat berkendara juga bisa menjadi salah satu penyebab pecah ban.

Seringkali ada saja pengendara yang tidak bijak saat mobil melaju, misalnya pada kecepatan tinggi mobil, pemobil melakukan pengereman secara mendadak. Hal seperti inilah yang sering terjadi dan jarang menjadi perhatian pengendara, yang menyebabkan ban lebih cepat aus dan tipis dari seharusnya.

4. Salah Dalam Memilih Pelek dan Ban

Saat seseorang melakukan modifikasi pada mobil, pelek atau bahkan ban pada mobil juga menjadi salah satu yang banyak mengalami perubahan untuk mempercantik tampilan. Namun salah dalam memilih pelek dan ban yang kurang tepat inilah juga bisa menjadi penyebab ban mudah pecah.

Tak masalah jika pemilik mobil ingin memodif pelek dan ban mobil, namun pastikan untuk memilih ukuran yang tepat dan benar untuk mobil. Agar kenyamanan saat berkendara dapat dirasakan.

5. Perawatan Ban yang Kurang Tepat atau Salah

Karena menjadi salah satu untuk penting saat berkendara, maka ban juga membutuhkan perawatan. Perawatan bisa dilakukan dengan rutin memeriksa permukaan ban, atau membersihkannya jika ada benda kecil yang menempel pada ban mobil yang mungkin saja menjadi penyebab ban pecah.

Komentar