facebook

Persiapan Mudik Lebaran 2022: Apa Saja Komponen Slow Moving di Mobil, dan Kapan Waktu Menggantinya?

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Persiapan Mudik Lebaran 2022: Apa Saja Komponen Slow Moving di Mobil, dan Kapan Waktu Menggantinya?
Tol Cikampek Utama, CIkampek, Jawa Barat, Rabu (29/5/2019), saat mudik Lebaran menggunakan mobil pribadi. Sebagai ilustrasi [Antara].

Mudik Lebaran 2022 sudah di depan mata, simak komponen-komponen ini dan lakukan penggantian sebelum berkendara jauh.

Suara.com - Selain komponen fast moving yang harus diganti secara berkala, ada juga komponen slow moving pada mobil. Selaras namanya, waktu penggantiannya cukup panjang atau tidak segera aus.

Meski memiliki masa pakai panjang, komponen slow moving tetap harus diganti sesuai pemakaian. Sayangnya, banyak pemilik mobil yang suka lupa untuk mengganti komponen slow moving ini.

Nah, dalam rangka mempersiapkan mudik Lebaran 2022, mari cermati bersama, dan tanyakan pada bengkel resmi, bila ada bagian slow moving part mobil pribadi yang perlu diganti segera. Tujuannya agar kepulangan atau mudik jadi semakin nyaman.

Berikut beberapa komponen slow moving pada mobil:

Baca Juga: Tidak Ada Penyekatan Mudik Lebaran 2022, Polisi Akan Lakukan One Way di KM 47 Mulai 28 April

Kaki-kaki mobil

Setiap mobil memiliki komponen kaki-kaki yang berbeda tergantung jenis dan modelnya. Biasanya karena letaknya yang ada di bagian bawah mobil, komponen kaki-kaki ini jarang dicek pemiliknya.

Komponen kaki-kaki ini terdiri dari beberapa bagian seperti suspensi, tie rod, dan juga karet-karet bushing.

Umumnya komponen kaki-kaki ini hanya dilakukan pengecekan setiap 20 ribu km saat servis berkala, tapi kalau ada keluhan dari pemilik mobil seperti ada suara dari bagian ini berarti sudah waktunya ganti komponen yang baru untuk memastikan kenyamanan pengemudi dan penumpangnya.

Ilustrasi pengecekan ban mobil. (Istimewa)
Ilustrasi pengecekan ban mobil (Istimewa)

Ban mobil

Baca Juga: Polda Metro Jaya Sebutkan Tidak Ada Penyekatan Mudik Lebaran 2022, Vaksin Booster Tersedia di Pos Pelayanan

Ban juga menjadi komponen slow moving yang tidak perlu diganti dalam waktu dekat. Umumnya penggunaan ban mobil bisa bertahan sampai dua tahun atau lebih, tergantung pemakaian.

Kerja ban terbilang berat karena berfungsi sebagai penopang mobil dan penumpang di dalamnya, dan berfungsi mengarahkan kendaraan, membantu kinerja pengereman.

Oleh karena itu kondisi ban juga harus dicek ketika servis berkala, jika sudah tipis atau mengalami kerusakan jangan ragu untuk langsung menggantinya.

Kopling

Komponen yang satu ini tergolong dalam komponen slow moving yang masa pakainya lama. Tugasnya menyalurkan tenaga mesin ke roda, dan jika bermasalah maka mobil tidak akan bisa digunakan.

Tanda-tanda yang harus diwaspadai pada kopling ini adalah saat mengalami kesulitan untuk pindah gigi di transmisi manual.

Lampu mobil

Komponen yang satu ini juga penting, terutama saat malam hari. Lampu mobil hanya perlu diganti saat sudah putus sama seperti lampu pada umumnya.

Fungsi lampu akan diperiksa setiap kali Anda melakukan servis berkala di bengkel resmi Mitsubishi, jika memang sudah tidak menyala sebaiknya langsung diganti.

Ilustrasi memeriksa aki mobil. [Shutterstock]
Ilustrasi memeriksa aki mobil. [Shutterstock]

Aki mobil

Komponen yang satu ini juga memiliki masa pakai yang cukup lama, bisa lebih dari dua tahun tergantung pemakaian dan juga perawatan.

Fungsinya untuk menyimpan listrik dan juga menyalurkan kelistrikan pada mobil, termasuk untuk lampu dan juga sistem audio.

Untuk aki kering memang tidak membutuhkan perawatan seperti pada aki basah yang harus dilakukan pengecekan berkala.

Tanda-tanda aki mobil sudah harus diganti adalah saat mesin mobil tidak bisa dinyalakan dan harus segera diganti dengan yang baru.

Komentar