facebook

Tidak Ada Penyekatan Mudik Lebaran 2022, Polisi Akan Lakukan One Way di KM 47 Mulai 28 April

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Tidak Ada Penyekatan Mudik Lebaran 2022, Polisi Akan Lakukan One Way di KM 47 Mulai 28 April
Pelaksanaan kebijakan ganjil genap hari pertama di Gerbang Tol Pasteur, Kota Bandung (3/9/2021). Sebagai ilustrasi [Suara.com/Cesar Yudistira]

Ada aturan ganjil genap atau gage sehingga perhatikan pula pelat nomor kendaraan pribadi.

Suara.com - Ditlantas Polda Metro Jaya memastikan tidak akan melakukan penyekatan mudik Lebaran 2022, atau Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Begitu juga dengan arus balik mudik Lebaran 2022.

"Yang jelas tidak ada penyekatan pada saat pengamanan arus mudik maupun arus balik," tutur Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, dikutip dari Korlantas Polri.

Lebih jauh, berdasar hasil analisanya, volume arus mudik mulai akan meningkat pada 28 April 2022.

Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyebutkan Polda Metro Jaya telah menyiapkan teknis pengamanan untuk menyikapi hal tersebut.

Baca Juga: Polda Metro Jaya Sebutkan Tidak Ada Penyekatan Mudik Lebaran 2022, Vaksin Booster Tersedia di Pos Pelayanan

Suasana arus mudik Lebaran 2019 di Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah, Jumat (31/5/2019). [Suara.com/Adam Iyasa]
Suasana arus mudik Lebaran 2019 di Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah, Jumat (31/5/2019). [Suara.com/Adam Iyasa]

"Maka 28 April pukul 17.00 WIB sampai 24.00 WIB hari Kamis sudah ada pelaksanaan one way dari Km 47 Karawang menjelang Karawang Barat sebelum turunan dari elevated sampai Gerbang Tol Kalikangkung di Semarang Km 114," tandasnya.

Sementara itu, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo juga memastikan tidak ada sanksi tilang bagi pelanggar ganjil genap atau gage di tol saat masa mudik Lebaran 2022.

Pengendara yang melanggar ganjil genap hanya akan diberi sanksi keluar dari pintu tol terdekat.

Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, kebijakan ganjil genap ini akan diterapkan bersamaan dengan kebijakan one way.

"Petugas di jalan ketika menemukan ada kendaraan yang tidak sesuai tanggal maka akan kami keluarkan ke pintu tol terdekat," pungkasnya.

Baca Juga: Mudik Lebaran 2022: Silakan Pulang Kampung Tanpa Randis atau Mobil Dinas

Komentar