facebook

Britania Raya Tidak Lagi Memasarkan Sedan Vauxhall Insignia

RR Ukirsari Manggalani
Britania Raya Tidak Lagi Memasarkan Sedan Vauxhall Insignia
Vauxhall Insignia [ANTARA/HO-vauxhall.co.uk]

Di luar Negeri Ratu Elizabeth II, produk masih beredar hingga sekitar 2024 di bawah bendera Opel.

Suara.com - Carmaker Vauxhall memberikan pernyataan bahwa penjualan sedan Vauxhall Insignia akan berhenti dipasarkan untuk wilayah Britania Raya. Akan tetapi, Opel akan terus memproduksi Insignia bagi pasar Eropa dan negara-negara lain.

Adapun durasi penjualannya masih beberapa tahun lagi sampai perusahaan ini menghadirkan mobil listrik tiba. Kemungkinan dalam bentuk crossover.

Dikutip kantor berita Antara dari Autocar dan Carscoops, keputusan untuk menghentikan model Vauxhall Insignia diambil sejalan tren pasar Britania Raya dan fokus perusahaan pada produk elektrifikasi.

Logo Opel [Shutterstock]
Logo Opel [Shutterstock]

Brand Vauxhall ingin menjadi carmaker produsen mobil full listrik pada 2024, sebelum akhirnya menjadi EV-only mulai 2028.

Baca Juga: Telah Hadir Peugeot Django Shadow 50 dan 125 Versi Penyegaran untuk Pasar Eropa

Vauxhall telah berhenti menerima pesanan baru untuk sedan Vauxhall Insignia. Sedangkan daftar yang sudah ada berlanjut hingga musim gugur 2022. Sedangkan untuk pasar lain, pemesanan dan produksi kembarannya, yaitu Opel Insignia tetap tidak terpengaruh.

"Insignia berhenti untuk Vauxhall. Kami akan memenuhi pesanan, tetapi tidak ada rencana dalam jangka pendek untuk langsung menggantinya. Masih akan ada Opel Insignia, tetapi ada celah bagi kami, tanpa rencana untuk memenuhinya saat ini," jelas Paul Wilcox, Managing Director Vauxhall UK dari Carscoops pada Selasa (17/5/2022).

Komentar itu mengisyaratkan bahwa rumor penerus dari Vauxhall Insignia akan diproduksi di Italia. Diharapkan muncul pada 2024 atau 2025 dalam bentuk crossover listrik penuh yang ditopang Stellantis.

Generasi Vauxhall Insignia saat ini diluncurkan kembali pada 2016 dan menerima pembaharuan pada 2019. Mobil ini menjadi satu-satunya model yang tersisa di jajaran Opel/Vauxhall yang dikembangkan sebelum merger Opel dengan PSA Group.

Baca Juga: Merayakan Sejarah 118 Tahun Lewat Refleksi Perjalanan Rolls-Royce Phantom

Vauxhall Insignia bukan satu-satunya sedan yang meninggalkan pasar Britania Raya. Ford Mondeo juga sudah dihentikan produksinya setelah lebih dari 30 tahun.

Penurunan penjualan sedan telah menyebabkan pembuat mobil non-premium meninggalkan three-box bodystyle demi SUV yang lebih populer. Sedan dimensi sama, yaitu VW Passat dan Skoda Superb juga hadir dalam format generasi baru.

Komentar