facebook

Gravel Bike adalah Sepeda dengan Range Medan Cukup Luas, Ini Keunggulannya

Cesar Uji Tawakal
Gravel Bike adalah Sepeda dengan Range Medan Cukup Luas, Ini Keunggulannya
Ilustrasi gravel bike. (Unsplash/Niklas Ohlrogge)

Sudah tahu perbedaan sepda gravel dan road bike? Anda bisa simak selengkapnya di sini!

Suara.com - Untuk Anda yang baru akan menggemari hobi bersepeda, agaknya wajib memahami perbedaan beberapa jenis sepeda yang mirip. Misalnya untuk jenis gravel bike. Gravel bike adalah salah satu jenis sepeda yang memiliki kemiripan dengan endurance road bike.

Tapi tentu ada perbedaannya bukan?

Nah untuk mengenali beberapa perbedaan antara gravel bike dan endurance road bike, Anda bisa melihat sedikit penjelasannya di sini. Tentu, pemahaman akan hal ini bisa menjadi bekal dalam menggeluti dan memilih sepeda yang Anda inginkan.

1. Bentuk yang Lebih Rileks

Baca Juga: Suzuki Ertiga Hybrid Akan Diekspor ke 12 Negara

Bentuk atau geometri yang dimiliki gravel bike adalah rileks, setidaknya jika dibandingkan dengan endurance road bike yang menjadi ‘saudara kembar’ jenis sepeda ini. Perpaduan kenyamanan dan efisiensi menjadi titik fokusnya, sehingga posisi bersepeda menjadi lebih rendah.

Jarak sumbu roda tipe sepeda ini juga lebih panjang sehingga stabilitas saat bersepeda menjadi lebih tinggi saat berkendara di permukaan yang tidak rata.

2. Bagian Rem

Bagian rem mungkin jadi hal paling mencolok yang membedakan sepeda gravel dengan sepeda road bike. Rem pada gravel bike adalah berjenis cakram, sehingga tenaga pengereman yang diberikan lebih besar. Rem seperti ini juga cocok digunakan pada kondisi ekstrim, seperti berlumpur atau medan basah.

Pada road bike, yang lebih umum adalah penggunaan jenis rem rim brakes.

Baca Juga: Suzuki Ertiga Biasa Bisa Dikonversi Jadi Versi Hybrid?

3. Ukuran Ban Sepeda

Sepeda gravel menggunakan ukuran ban yang lebih besar, antara 35 hingga 45 mm dengan tekanan udara sekitar 15 hingga 50 psi. Ukuran dan tekanan ban ini memungkinkan kenyamanan berkendara di berbagai jenis medan selain medan datar atau mulus seperti aspal.

Selain itu jenis tapak yang digunakan adalah  ban tapak agresif. Tujuannya menopang fungsi ban untuk mencengkram bagian permukaan trek yang tidak rata.

Mungkin dalam membaca penjelasan di artikel ini, orang yang baru akan membeli sepeda akan sedikit bingung. Namun informasi ini bisa Anda gunakan untuk berkonsultasi dengan pemilik atau pekerja di toko sepeda, untuk mendapatkan jenis sepeda yang tepat.

Gravel bike adalah jenis sepeda yang cenderung bisa digunakan untuk menembus medan yang lebih beragam daripada road bike. Semoga informasi ini berguna, dan selamat menjalankan aktivitas Anda selanjutnya!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Komentar