facebook

Studi: Gen Z Menilai Pembelian Mobil Lewat Dealer Lebih Merepotkan

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Studi: Gen Z Menilai Pembelian Mobil Lewat Dealer Lebih Merepotkan
Ilustrasi membeli mobil secara online [Shutterstock].

Ada hal yang membuat pembeli mobil dari Gen Z merasa frustrasi dalam proses pembelian.

Suara.com - Dalam studi yang dilakukan perusahaan teknologi CDK Global, diungkapkan bahwa Gen Z memiliki cara tersendiri dalam melakukan proses pembelian mobil.

Mereka tidak hanya cenderung membutuhkan lebih banyak waktu untuk melakukan pembelian, namun lebih fokus mencari informasi yang dibutuhkan secara online.

Penelitian menemukan bahwa Gen Z cenderung lebih memikirkan pembelian otomotif.

Sebanyak 81 persen Gen Z yang disurvei mengatakan bahwa memahami semua pilihan mereka adalah prioritas utama sebelum akhirnya memilih untuk membeli mobil baru.

Baca Juga: Sepeda Motor Baru Dipinang Sudah Ditilang? Simak Faktanya

Jual beli mobil online. (Twitter)
Ilustrasi membeli  mobil secara online [Twitter].

Sementara itu, 45 persen dari Gen Z menyatakan bahwa menunggu layanan sales atau jasa tenaga penjual adalah bagian yang paling membuat frustrasi dalam proses pembelian.

Hal ini menjelaskan, mengapa begitu banyak dari mereka ingin membeli mobil secara online dan mengapa 22 persen dari mereka menganggap pembelian melalui dealer justru lebih sulit.

Joe Tautges, COO CDK Global mengatakan bahwa dalam dunia berbelanja yang sederhana, proses yang dilakukan tidak hanya membuat mobil lebih mudah dibeli. Tetapi harus mampu menjawab kebutuhan konsumen dengan kebiasaan mereka.

"Dengan menerapkan proses yang lebih mudah di dealer, departemen penjualan dapat bekerja lebih efisien dan menghabiskan lebih banyak waktu berkualitas dengan pelanggan mereka untuk menjelaskan produk dan proses secara lebih rinci," kata Joe Tautges, dikutip dari Carscoops.

Baca Juga: Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Yamaha Blue Sky Project Tanam Ratusan Pohon Tabebuya

Terakhir, penelitian juga menemukan bila Gen Z tampaknya lebih mengutamakan kemewahan dan kenyamanan dibandingkan generasi sebelumnya.

Sekitar 39 persen pembeli Gen Z memilih kendaraan mewah yang 10 persen lebih tinggi dari generasi Milenial, 12 persen lebih banyak dari Gen X, dan 27 persen lebih banyak dari Baby Boomers.

Kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah membuat mobil lebih mudah dibeli untuk pembeli dari golongan usia yang lebih muda sangatlah penting.

Komentar