facebook

Apindo Promosikan IKM Otomotif di Jepang

Liberty Jemadu
Apindo Promosikan IKM Otomotif di Jepang
Apindo dan KBRI Tokyo promosikan IKM komponen otomotif di Jepang. [Antara/KBRI Tokyo]

Sebanyak 30 IKM komponen otomotif Indonesia mendapat kesempatan untuk melakukan promosi di Jepang.

Suara.com - Asosiasi Pengusaha Indonesia atau Apindo bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia Tokyo mempromosikan industri kecil menengah/IKM otomotif Indonesia di Jepang.

“Industri kecil dan menengah harus dipromosikan dan dijadikan prioritas strategis dalam rantai pasokan otomotif global. Untuk itu, saya sangat apresiasi upaya proaktif Bapak Duta Besar Heri Akhmadi selenggarakan forum bisnis ini”, ujar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam rilis pers yang diterima di Jakarta, Selasa (28/6/2022).

Hal itu disampaikannya dalam pidato kunci pada kegiatan Indonesia – Japan Autoparts Business Forum yang diinisiasi KBRI Tokyo, Senin (27/6/2022).

Jepang selama ini diketahui telah menjadi mitra utama Indonesia di bidang industri otomotif, yang telah berkontribusi pada penyerapan lebih dari 1,5 juta tenaga kerja di sepanjang rantai nilai pasok industri.

Baca Juga: Agus Gumiwang Tekankan Promosi IKM Jadi Prioritas Strategis Industri Nasional

“Dengan telah dicanangkannya target substitusi impor sebesar 35 persen oleh Pemerintah Indonesia, IKM komponen otomotif Indonesia tentunya berpeluang besar memenuhi kebutuhan TKDN dari berbagai pabrikan otomotif Jepang di Indonesia,” kata Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi.

Sebanyak 30 IKM komponen otomotif Indonesia mendapat kesempatan untuk melakukan promosi di Jepang. Sebagian besar dari IKM tersebut juga telah menjalin kerja sama dengan Jepang dalam kurun waktu yang cukup panjang di bawah naungan Perkumpulan Industri Kecil-menengah Komponen Otomotif.

Ketua Umum Apindo Hariyadi B. Sukamdani mengungkapkan pihaknya sebagai asosiasi multi sektoral senantiasa mendukung pengembangan IKM, khususnya sektor komponen otomotif untuk naik kelas dan upaya terus menerus dalam memfasilitasi kerjasama internasional melalui kegiatan perdagangan internasional dan investasi.

Sejalan dengan misi tersebut, Apindo mendorong perusahaan-perusahaan IKM di sektor komponen otomotif untuk ikut serta dalam forum bisnis yang mempertemukan IKM komponen otomotif Indonesia dengan para pelaku bisnis atau supplier Jepang.

Selain Menperin RI, Deputi Gubernur Bank Indonesia Dody Budi Waluyo turut hadir secara langsung pada forum bisnis otoparts di Nagoya untuk memaparkan perkembangan ekonomi Indonesia guna lebih meyakinkan kalangan bisnis Jepang terhadap stabilitas makroekonomi dan pemanfaatan berbagai peluang investasi yang telah dirancang oleh Pemerintah.

Baca Juga: Kunjungan ke Okazaki Plant, Menperin Test Drive Mobil Listrik Mitsubishi eK X EV

“Bank Indonesia mendukung berbagai langkah kebijakan Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kinerja industri otomotif, antara lain dengan penurunan persyaratan uang muka kredit kendaraan bermotor, peningkatan insentif bagi bank yang menyalurkan kredit ke sektor-sektor prioritas dan mendorong berkembangnya teknologi ramah lingkungan di sektor otomotif dapat dikembangkan di pasar Indonesia”, ujar Dody. [Antara]

Komentar