facebook

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki Sebut Event HDCI Jadi Momentum Kembangkan Industri Kecil Otomotif

RR Ukirsari Manggalani
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki Sebut Event HDCI Jadi Momentum Kembangkan Industri Kecil Otomotif
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menjajal motor Harley-Davidson dalam kegiatan Sumatera Bike Week HDCI 2022 di Bukittinggi, Sumatera Barat, Jumat (1/7/2022) [ANTARA/HO-KemenkopUKM].

Berangkat dari sukses Sumatera Bike Week HDCI 2022, ini harapan Teten Masduki.

Suara.com - Event Sumatera Bike Week HDCI 2022 yang digelar Harley-Davidson Club Indonesia atau HDCI di Bukittinggi, Sumatera Barat (30/6-3/7/2022) mencatat transaksi Rp 34 miliar.

Dikutip berita Antara dari rilis resmi, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengharapkan event yang melibatkan komunitas otomotif memberikan kontribusi terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau UMKM.

"Saya ingin terus menggaet komunitas seperti HDCI untuk menggerakkan ekonomi UMKM, karena memireka memiliki daya beli tinggi. Tak cuma hotel yang diborong, kuliner oleh-olehnya juga pasti akan dicari," jelas Teten Masduki saat memberikan sambutan Sumatera Bike Week HDCI 2022 di Bukittinggi, Sumatera Barat, akhir pekan lalu, Sabtu (2/7/2022).

Peserta Jambi International Bike Week 2022 melintas di Mendalo Darat, Jambi Luar Kota, Muarojambi, Jambi, Sabtu (26/3/2022). [ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/nym]
Acara Jambi International Bike Week 2022 melintas di Mendalo Darat, Jambi Luar Kota, Muarojambi, Jambi, Sabtu (26/3/2022).  Sebagai ilustrasi kegiatan otomotif roda dua [ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/nym]

"Event HDCI ini mampu mendongkrak ekonomi daerah Bukittinggi mulai dari kulinernya hingga sektor pariwisata maupun hospitality yang melibatkan UMKM di Bukittinggi hingga masyarakat merasakan manfaatnya secara langsung," tandasnya.

Baca Juga: Investasi 1,2 M Euro untuk Pabrik Mobil Listrik Dekat Perbatasan Ukraina, Volvo Cars Serap Ribuan Karyawan

Menurut Menkop dan UKM Teten Masduki, HDCI memiliki lebih dari tiga ribu anggota dan masing-masing memiliki motor gede atau moge Harley-Davidson.

Sehingga turut membuka peluang bagi UMKM di sektor otomotif untuk memasok produk-produk yang dibutuhkan. Seperti onderdil custom motor, merchandise, hingga produk apparel terkait HDCI.

Saat ini, UMKM di industri motor custom sedang bertumbuh, bahkan sudah ada yang diekspor ke luar negeri.

Pihaknya menginginkan UMKM otomotif masuk rantai pasok industri guna mendorong sektor tersebut ke basis inovasi.

"Sehingga, ini menjadi momentum yang tepat dengan menggandeng HDCI untuk mengembangkan sektor UMKM otomotif," tandas Teten Masduki.

Baca Juga: Motor Listrik Ducati V21L Bakal Berlaga di MotoE 2023

Menkop mengharapkan kerja sama dengan komunitas HDCI melalui penyelenggaraan event besar dapat mempercepat ekonomi dan UMKM naik kelas.

Komentar