facebook

Para Pengguna Roda Empat di Bumi Cenderawasih Didorong Terapkan Aplikasi MyPertamina

RR Ukirsari Manggalani
Para Pengguna Roda Empat di Bumi Cenderawasih Didorong Terapkan Aplikasi MyPertamina
Ilustrasi membeli Pertalite menggunakan aplikasi MyPertamina. (Dok. Pertamina)

Pertamina Papua dorong masyarakat gunakan aplikasi MyPertamina.

Suara.com - PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading Maluku Papua menyatakan bahwa untuk menjaga daya beli masyarakat dengan tidak menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi, pihaknya mendorong pembelian BBM melalui aplikasi MyPertamina di Bumi Cenderawasih.

Dikutip dari kantor berita Antara, I Ketut Permadi Arya Kumara, Executive General Manager Regional Papua Maluku di Jayapura, Senin (4/7/2022) menyebutkan Papua dengan kondisi geografis yang mengharuskan penyaluran dengan multimoda, terkadang terjadi penyaluran Pertalite maupun Solar subsidi masih belum tepat sasaran.

Aplikasi MyPertamina. [Suara.com/Dicky Prastya]
Aplikasi MyPertamina. [Suara.com/Dicky Prastya]

"Dapat kami lihat fakta di lapangan bahwa terdapat roda empat yang tidak sesuai dengan regulasi Peraturan Presiden No. 191/2014 mengisi dan berada pada jalur dispenser subsidi (Pertalite dan Solar)," jelasnya.

Hal ini kerap menyebabkan penyaluran BBM bersubsidi menjadi tidak tepat sasaran.

"Pemilik kendaraan roda empat yang dikecualikan dalam Perpres 191/2014 seharusnya tidak boleh mengkonsumsi BBM bersubsidi, karena hal ini akan mempengaruhi kuota yang telah diberikan dan ditetapkan oleh Pemerintah untuk masyarakat yang memang berhak mendapatkannya. Jangan sampai anggaran besar yang telah dikeluarkan oleh pemerintah ini dinikmati oleh masyarakat yang tidak berhak," tandasnya.

I Ketut Permadi Arya Kumara menjelaskan penggunaan website MyPertamina sesuai dengan peraturan BPH Migas No. 06/2013 yang mana penggunaan sistem teknologi IT dalam penyaluran BBM dapat dilakukan dan dilaksanakan.



"Untuk mekanisme pendaftaran berfokus dalam pencocokan antara data yang didaftarkan oleh masyarakat dengan dokumen dan data kendaraan asli yang dimiliki, setelah status terdaftar, masyarakat akan mendapatkan QR Code Unik yang akan diterima melalui email atau notifikasi di website subsiditepat.mypertamina.id," ujar I Ketut Permadi Arya Kumara.

Ditambahkannya pula bahwa penggunaan MyPertamina di Maluku belum dilakukan namun pihaknya sudah melakukan koordinasi lintas instansi dan dengan Pemerintah daerah setempat. Sehingga harapannya saat diberlakukan kebijakan ini nantinya tidak ada kendala lagi di lapangan.

"Sosialisasi kepada masyarakat juga senantiasa kami lakukan agar masyarakat dapat edukasi dengan baik," pungkasnya.

Baca Juga: Halo Jadi Penyelamat Guanyu Zhou di F1 GP Inggris 2022

Komentar