facebook

Rutin Ganti Busi Mobil Bakal Bikin Pemakaian Bensin Lebih Irit

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Rutin Ganti Busi Mobil Bakal Bikin Pemakaian Bensin Lebih Irit
Ilustrasi busi mobil [Shutterstock]

Busi lawas atau tak diganti bakal menurunkan performa kendaraan.

Suara.com - Busi adalah komponen terpenting dalam sistem pengapian. Fungsi utamanya membakar campuran bensin dan udara yang dikompres melalui gerakan piston.

Tanpa adanya busi di dalam ruang mesin maka proses pembakaran tidak akan terjadi dan komponen yang terkait dengan sistem gerak juga tidak akan berfungsi dengan semestinya.

Karena itu, busi harus diganti secara rutin agar mampu memberikan kinerja terbaiknya. Termasuk memberikan dampak irit pemakaian bahan bakar.

Foto oleh Anna Shvets dari Pexels
Mesin mobil. Sebagai ilustrasi [Pexels/Anna Shvets]

Berikut penjelasan seputar busi mobil seperti dikutip dari laman HSR:

Baca Juga: Belum Putuskan Berhenti Total, Pabrik Truk AB Volvo di Rusia Mulai Kurangi Pegawai

Menghemat BBM

Boros bahan bakar sering membuat pemilik mobil kesal. Boros bahan bakar dapat disebabkan karena berbagai hal.

Salah satunya busi mobil yang rusak atau tidak pernah diganti. Busi mobil yang sudah lama tidak diganti membuat konsumsi bahan bakar menjadi semakin boros daripada biasanya.

Menjamin Pengapian Sempurna

Baca Juga: Francesco Bagnaia Kecelakaan Mobil di Ibiza, Ini Pesannya Kepada Sesama Pengguna Jalan Raya

Salah satu fungsi busi mobil adalah untuk membakar campuran bensin dan udara yang dikompres melalui gerakan piston. Busi mobil yang tidak diganti secara berkala, bisa membuat busi menjadi cepat rusak. Akibatnya tidak akan terjadi proses pembakaran di dalam ruang bakar mesin. Sehingga akan menurunkan performa mobil.

Gas Buang Lebih Sempurna

Alasan busi mobil harus diganti agar gas buang menjadi lebih sempurna. Karena busi mobil yang sudah rusak mengakibatkan tidak terjadi proses pembakaran sehingga emisi gas buang akan menjadi tidak beraturan.

Oleh karenanya, perlu sekali pemilik mobil untuk mengganti busi setiap satu tahun sekali atau batas jarak tempuh sebesar 45.000 kilometer. Karena busi mobil yang baru juga akan meningkatkan performa mobil.

Komentar