facebook

BMW Jawab Kemungkinan Terjun ke Balap MotoGP

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
BMW Jawab Kemungkinan Terjun ke Balap MotoGP
BMW Motorrad meluncurkan varian khusus: BMW G 310 GS, BMW R 1250 GS dan BMW R 1250 GS Adventure untuk memperingati 40 tahun eksistensi BMW GS. Sebagai ilustrasi produk BMW roda dua [BMW Motorrad]

Apakah laga MotoGP bisa menjadi sarana beriklan produk BMW Motorrad? Simak penjelasannya.

Suara.com - BMW dikabarkan ditunjuk sebagai salah satu pabrikan yang bisa menggantikan posisi Suzuki di MotoGP di masa depan. 

Marc Bongers, BMW Motorrad Sports Director memberikan tanggapan terkait rumor tersebut. Ia menyatakan posisi BMW masih tetap sama untuk tidak masuk di kelas utama.

Sepeda motor konsep 9cento dari BMW Motorrad diperkenalkan di ajang Concorso d'Eleganza Villa d'Este, Italia pada 25 Mei lalu. [BMW Press Club]
Sepeda motor konsep 9cento dari BMW Motorrad diperkenalkan di ajang Concorso d'Eleganza Villa d'Este, Italia pada 25 Mei lalu. [BMW Press Club]

"Dr Schramm (CEO BMW Motorrad) telah melaporkan kepada manajemen dan sikap BMW Motorrad untuk MotoGP sama sekali tidak berubah. MotoGP adalah tentang visibilitas merek," ujar Marc Bongers kepada Speedweek seperti dikutip dari Motorcycles.

Ia mencatat bahwa MotoGP tidak memiliki hubungan dengan pasar seperti World Superbike atau WSBK dan kejuaraan ketahanan dunia. Selain itu, ia menyoroti, ada masalah biaya tinggi dan sumber daya manusia terkait MotoGP.

Baca Juga: Francesco Bagnaia Kecelakaan Mobil di Ibiza, Ini Pesannya Kepada Sesama Pengguna Jalan Raya

Gelaran seri terakhir World Superbike (WSBK) 2021 di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB, Minggu (21/11/2021). [BAY ISMOYO / AFP]
Gelaran seri terakhir World Superbike (WSBK) 2021 di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB, Minggu (21/11/2021). [AFP/Bay Ismoyo]

"Kami adalah pemimpin pasar dengan BMW Motorrad di segmen 500cc. Kami memiliki merek, serta memiliki BMW Motorrad dan M sebagai sub-merek," ungkapnya.

Marc Bongers juga menyebutkan bahwa untuk ikut serta di MotoGP memerlukan investasi yang besar. Bahkan dia menyebutkan setidaknya membutuhkan biaya minimal 40-50 juta euro per tahun untuk ikut serta di MotoGP.

The Boys in blue, tim Suzuki Ecstar: Joan Mir dan Alex Rins [PT Suzuki Indomobil Sales].
The Boys in blue, tim Suzuki Ecstar: Joan Mir dan Alex Rins [PT Suzuki Indomobil Sales].

Sebelumnya Suzuki Motor Corporation secara resmi mengumumkan untuk tidak lagi melanjutkan kiprahnya di ajang balap motor terbesar di dunia, MotoGP.

Dalam keterangan resmi perusahaan, Suzuki menjelaskan, situasi ekonomi dan kebutuhan untuk fokus pada perubahan besar memaksa perusahaan untuk mengalihkan biaya dan sumber daya manusia untuk mengembangkan teknologi baru.

Baca Juga: Umumkan Direktur Komunikasi Global yang Baru, Rolls-Royce Motor Cars Menunjuk Mantan Jurnalis Emma Begley

Komentar