Ubah Tampilan Bodi: Mobil Dilapis Stiker Tidak Boleh Sering Dicuci

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Ubah Tampilan Bodi: Mobil Dilapis Stiker Tidak Boleh Sering Dicuci
Maxdecal Indonesia hadir di OLX Autos IMX 2022 [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Istilah body wrapping tengah marak, yaitu bodi tidak dicat ulang namun dilapis.

Suara.com - Penggunaan stiker untuk melapisi bodi mobil secara keseluruhan atau dikenal sebagai body wrapping belakangan mulai dilirik para pencinta modifikasi.

Pasalnya dengan menggunakan stiker, permukaan kendaraan tidak perlu dicat ulang atau repaint. Selain itu, teknologi yang ada pada stiker juga sudah menyerupai warna cat asli.

Nah, bagaimanakah cara merawat mobil yang dilapis stiker?

Sales Manager Maxdecal Indonesia, Nofian Hendra menyarankan bahwa mobil yang telah dilapisi stiker full body tidak boleh sering dicuci. Pasalnya akan membuat stiker cepat rusak.

Baca Juga: Agar Hemat BBM, Armada Truk Logistik Bisa Gunakan Sensor Bahan Bakar dan Tips Ini

Maxdecal 9800 Series total memiliki 35 warna yang menjanjikan tampilan bodi mobil jadi berwarna cemerlang lagi unik [Dok Maxdecal].
Maxdecal 9800 Series total memiliki 35 warna yang menjanjikan tampilan bodi mobil jadi berwarna cemerlang lagi unik [Dok Maxdecal].

"Mobil yang dibalut stiker itu tidak boleh banyak dicuci, karena kalau terus-terusan, lama-lama bisa sobek stikernya," ujar Nofian Hendra di JCC Senayan, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Nofian menambahkan, stiker yang terlalu sering kena air, apalagi dengan semburan kencang seperti di tempat pencucian mobil berpotensi membuat stiker mengkerut.

Selain itu, tekanan air yang kencang berpotensi masuk ke ruang-ruang dalam stiker kemudian bisa menyebabkan gelembung.

"Sebenarnya untuk perawatan cukup dilap saja. Namun memang perawatan yang dilakukan harus lebih intens dilakukan," jelas Nofian Hendra.

Baca Juga: Wali Kota Medan Bobby Nasution Tempel Stiker di Angkot, Mengesahkan Barcode Subsidi Bahan Bakar

Sebelumnya di ajang modifikasi OLX Autos IMX 2022, Maxdecal menampilkan jajaran produk Paint Protection Films dan 9800 Series.

Salah satu keunggulan produk Maxdecal adalah kemampuannya yang dapat dipoles dan dilapisi coating layaknya cat orisinal mobil.

Hasilnya, tampilan stiker wrapping yang ditampilkan bisa serupa hingga 98 persen layaknya lapisan yang sudah dicat ulang. Selain itu Maxdecal 9800 Series juga telah memiliki teknologi superior scratch-resistant.