Acara Ngunduh Mantu Pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Gudono Hadirkan Ambulans Mobile

RR Ukirsari Manggalani
Acara Ngunduh Mantu Pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Gudono Hadirkan Ambulans Mobile
Erina Gudono dan Kaesang Pangarep (Instagram/erinagudono)

Polri telah menyiapkan 12 titik pelayanan kesehatan untuk acara Ngunduh Mantu dari pernikahan Kaesang-Erina.

Suara.com - Dalam rangka mendukung kelancaran prosesi acara ngunduh mantu putra Presiden RI di Kota Solo pekan, Minggu (11/12/2022), Kepolisian RI menyiapkan 12 titik layanan kesehatan termasuk mobile ambulance atau ambulans mobile.

Dikutip dari kantor berita Antara, Kepala Bidang Humas Polda Jateng Kombes Pol. M. Iqbal Alqudusy di Solo, Selasa (6/12/2022) menyebutkan jumlah tim kesehatan dan tenaga medis sebanyak 70 personel, terdiri atas 54 personel inti dan 16 personel cadangan dari jajaran Polda Jateng.

Tim medis ini menghadirkan beberapa pelayanan kesehatan. Di antaranya mini-ICU statis, mini-ICU mobile, pengamanan makanan dan minuman (food safety), dan kesehatan lapangan.

Petugas mengecek peralatan medis di salah satu ambulans VVIP untuk KTT G20 di sela apel dan pengarahan tim medis di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Sabtu (12/11/2022). ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Aditya Pradana Putra
Petugas mengecek peralatan medis di salah satu ambulans VVIP untuk KTT G20 di sela apel dan pengarahan tim medis di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Sabtu (12/11/2022). Sebagai ilustrasi ambulans [ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Aditya Pradana Putra]

Masing-masing ambulans diawaki empat petugas. Ada yang standby di posko-posko kesehatan dan rumah sakit Bhayangkara. Juga ada yang mobile atau berkeliling untuk memastikan kesehatan para tamu VIP dan masyarakat yang hadir.

Baca Juga: CEK FAKTA: Kaesang dan Erina Mengejutkan Ingin Cerai Gegara Hal Ini, Benarkah?

Lokasi pelayanan kesehatan Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokes) Polda Jateng, akan disediakan di mobile Rumah Sakit Bhayangkara Surakarta, Polsek Banjarsari, Laweyan, Pasar Kliwon, Jebres, pos kediaman Presiden Sumber, mobile hotel tamu VVIP/VIP, posko kesehatan Hotel Swiss Bell Saripetojo, Pos TMMC Polresta Surakarta, pos kesehatan di Gedung Asrama Haji Donohudan, Pos Sriwedari, dan Pos Benteng Vestenberg.

"Pos Benteng Vestenberg akan disediakan 1 unit mobil ambulans empat personel tim dari Biddokkes Polda Jateng bersama dengan kesehatan TNI standby di pos itu," jelas Kombes Pol. M. Iqbal Alqudusy.

Tim kesehatan beserta ambulans mobile ditempatkan di sejumlah lokasi, antara lain jalur kirab pengantin, di Pura Mangkunegaran, RS Bhayangkara Surakarta, posko kesehatan di lima polsek jajaran Polresta Surakarta, sejumlah hotel tempat menginap para tamu, Bandara Adi Sumarmo, hingga Asrama Haji Donohudan Boyolali.

"Intinya Polda Jateng tidak hanya all-out di sektor pengamanan, tetapi Polri juga menyiapkan tenaga medis bila ada tamu undangan atau masyarakat yang membutuhkan bantuan," lanjutnya.

Diimbau masyarakat untuk tidak mengabaikan terhadap protokol kesehatan, termasuk menjaga jarak dan menggunakan masker selama mengikuti kegiatan prosesi kirab Ngunduh Mantu pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

Baca Juga: Viral Aksi Heroik Alfin Buka Jalur Mobil Damkar, Kendaraan Apa Saja yang Jadi Prioritas di Jalan?

"Kami imbau masyarakat dan para tamu tetap waspada karena COVID-19 masih ada," tutup Kombes Pol. M. Iqbal Alqudusy.