alexametrics

Hasil Tes Antigen Tak Bisa untuk Naik Pesawat, Legislator PKB

Hasil Tes Antigen Tak Bisa untuk Naik Pesawat, Legislator PKB

Bagi penumpang pesawat kini tidak bisa mengunakan surat antigen jika ingin menggunakan jasa pesawat.

Penumpang hanya diwajibkan memiliki hasil negatif dari tes PCR hal ini diketahui melalui perintah Pemerintah melalui instruksi Menteri Dalam Negeri.

Anggota Komisi V DPR dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) Neng Eem Marhamah Zulfah menyatakan keberatan untuk syarat yang hanya mengizinkan hasil PCR bagi penumpang pesawat.

Ia menilai instruksi tersebut sebagai langkah mundur dalam upaya mendorong kebangkitan ekonomi di tanah air.

“Kami menilai kewajiban tes PCR bagi penumpang pesawat yang tertuang dalam Inmendagri 53/2021 tentang PPKM Level 3, 2, dan 1 di Jawa dan Bali merupakan langkah mundur bagi upaya menuju kenormalan baru seiring terus melandainya kasus Covid-19 di tanah air,” kata Neng Eem kepada wartawan dikutip dari suara.com Kamis (21/10/2021).

Eem mengatakan walaupun harga tes PCR kian menurun, namun bagi sebagian masyrakat harga tertinggi tes PCR masih terbilang mahal.

Ia menilai harga tes PCR bahkan bisa mencapai setengah dari harga tiket pesawat yang dibeli penumpang.

"Situasi ini tentu kian menyulitkan industri penerbangan di saat pandemi ini karena meskipun tidak ada persyaratan tes PCR jumlah penumpang pun sudah pasti turun,” ujar Eem.

Eem industri penerbangan seharusnya sudah mulai mencari momentum kebangkitan seiring melansainya pandemi Covid-19.

"Harus diakui jika tes PCR salah satu yang menghambat peningkatan jumlah penumpang pesawat selama musim pandemi ini. Bahkan kami mendapatkan banyak informasi jika penumpang terpaksa hangus tiketnya karena harus menunggu hasil tes PCR,” tandasnya.

Terkini