Punya Ruang ASI Terbaik, KemenPPPA Jaga Produktivitas Perempuan

M. Reza Sulaiman | Vessy Dwirika Frizona
Punya Ruang ASI Terbaik, KemenPPPA Jaga Produktivitas Perempuan
KemenPPPA dapat penghargaan ruang ASI terbaik. (Dok. KemenPPPA)

KemenPPPA berhasil meraih Penghargaan Riset Kementerian Kesehatan untuk kategori Penyelenggara Ruang ASI terbaik.

Suara.com - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) berhasil meraih Penghargaan Riset Kementerian Kesehatan untuk kategori Penyelenggara Ruang ASI (air susu ibu) Terbaik 2018.

Penghargaan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-54, sekaligus untuk memperkuat komitmen kementerian/lembaga serta elemen masyarakat lainnya untuk meningkatkan produktivitas pekerja perempuan dan memenuhi hak anak, guna mencetak generasi bangsa yang sehat dan berkualitas.

“Penghargaan ini tentu memotivasi kami untuk terus menjadi agen terdepan dalam menyediakan sarana yang ramah bagi perempuan sekaligus memenuhi hak anak, termasuk ruang laktasi," ungkap Titi Eko Rahayu, Kepala Biro Hukum dan Humas KemenPPPA, dalam rilis yang diterima Suara.com.

Hal ini dikarenakan ASI merupakan kebutuhan terpenting bagi anak, memiliki zat gizi yang tidak terdapat pada makanan olahan maupun susu formula.

Pemberian ASI menjadi satu upaya pemenuhan hak anak untuk tumbuh dan berkembang, sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Dasar 1945 pasal 28 B, yaitu setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

“KemenPPPA terus berupaya menghadirkan sarana publik yang responsif gender dan ramah anak. Menyediakan ruang publik yang mudah diakses masyarakat terutama perempuan, serta memelihara kebersihan sarana dengan baik dan memberikan rasa nyaman bagi para perempuan pejuang ASI," sambung Titi.

Program peningkatan pemberian ASI di tempat kerja bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pekerja perempuan serta mendukung target pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals) nomor 3, yaitu penurunan angka kematian anak dan nomor 5 yaitu penurunan angka kematian ibu.

Selain penyediaan ruang ASI, pemerintah berupaya dalam pemberian kesempatan waktu pekerja perempuan untuk memerah ASI dan membuat peraturan internal terhadap program ASI eksklusif.

Ia menambahkan, sarana publik lainnya juga akan terus dikembangkan, seperti perpustakaan ramah pengunjung dan anak, ruang tunggu (lobby) yang nyaman dan ramah anak, serta tempat penitipan anak (TPA) yang terus kami tingkatkan kenyamanan dan keramahannya bagi anak.

Dari total 34 Kementerian yang dinilai, Kemen PPPA bersama Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) terpilih menjadi pemenang penghargaan kategori Penyedia Ruang ASI terbaik, karena dianggap telah memenuhi standar yang ditetapkan sesuai peraturan.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS