Pesona Kendedes Akan Ditampilkan di New York Fashion Week

Ferry Noviandi
Pesona Kendedes Akan Ditampilkan di New York Fashion Week
Riris Ghofir bersama model yang mengenakan gaun rancanganya. [dokumentasi pribadi]

Riris Ghofir akan menampilkan 12 karya anggun dalam balutan batik sutra.

Suara.com - Kendedes dikenal sebagai seorang permaisuri dari Ken Arok yang memiliki kecantikan luar biasa. Atau bisa dibilang, ia adalah perwujudan kecantikan yang sempurna.

Pesona Kendedes coba ditampilkan desainer Riris Ghofir dalam ajang ASC New York Fashion Week yang akan berlangsung pada 3-15 September 2019 di Amerika Serikat. Desainer asal Jawa Timur ini akan menampilkan 12 karya anggun dalam balutan batik sutra.

Indonesia Fashion Modest Designer akan tampil di New York Fashion Week 2020. (Suara.com/Vessy Frizona)
Indonesia Fashion Modest Designer akan tampil di New York Fashion Week 2020. (Suara.com/Vessy Frizona)

"Kali ini saya membuat balutan berkonsep klasik, anggun dan tegas dengan warna merah, hijau, hitam, dan gold," kata Riris Ghofir, seperti dalam rilis yang diterima Suara.com.

"Perpaduan antara batik sutra tulis dengan tile, brokat dan lace yang mampu menggambarkan sosok ratu Jawa yang berkarisma. Untuk menggambarkan kekayaan pulau Jawa, saya menggunakan motif pesisiran pantai khas Jawa Timur, seperti motif rumput laut, kerang dan lain-lainnya," sambung Riris Ghofir.

Selain bahan dari sutra tulis yang istimewa, Riris juga akan memunculkan detail bordir, hingga memunculkan kesan istimewa dan elok. Misalnya, bordir dengan motif teratai dan ukir-ukir yang diambil dari arca Ken Dedes yang berada di bekas kerajaan Tumapel.

"Saya menggunakan swarowski dan payet untuk memunculkan kesan kejayaan sosok sang ratu. 12 karya itu makin terlihat elegan dengan siluet H dan A line berpadu layer atau selendang yang menggambarkan ratu pada zaman itu," ujar Riris Ghofir.

Riris juga akan menampilkan beberapa desain bermodel jumsuit dan palazo.

12 Desainer Indonesia yang akan ikut dalam ajang ASC New York Fashion Week. [istimewa]
12 Desainer Indonesia yang akan ikut dalam ajang ASC New York Fashion Week. [istimewa]

"Karya itu muncul dalam satu paket dress wear yang lengkap bergaya klasik dan modern. Desain klasik ringan, modern dan anggun yang cocok untuk evening party," tutur Riris Ghofir.

Selain Riris Ghofir, ada 11 desainer Indonesia lainnya yang tergabung dalam Desainer Modest Indoneia, yang akan tampil di ASC New York Fashion Week. Selain Riris, desainer lainnya yang ikut bergabung adalah Jeny Tjahyawati, Rya Baraba, Lia Afif, Lia Soraya, Tuty Adib, Nieta Handayani, Leny Rafael, Nina Nugroho, Novita Sari, dan Gita Orlin.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS