Festival Orkestra Pertama dan Terbesar di Asia Tenggara Hadir Lagi

Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
Festival Orkestra Pertama dan Terbesar di Asia Tenggara Hadir Lagi
Indonesia Orchestra & Ensemble Festival 2019, Festival Orkestra Pertama Dan Terbesar Di Asia Tenggara Hadir Lagi. (Dok : Media Partner).

IOEF 2019 menampilkan 25 grup dari Indonesia dan mancanegara.

Suara.com - Pertunjukan musik yang memiliki nilai artistik, budaya, pendidikan, serta dapat mewakili generasi muda yang dinamis, yang dikemas dalam sebuah acara belum banyak ditemui di Indonesia. Melihat hal tersebut, Musicmind sebagai penyelenggara yang fokus bergerak di bidang pendidikan musik pun mulai memimpikan wadah tempat musisi-musisi muda Indonesia dapat berkumpul.

Berkolaborasi dengan salah satu orkestra remaja terbesar di Indonesia, Trust Orchestra, akhirnya lahir pada 2016 dalam perhelatan Indonesia Orchestra & Ensemble Festival (IOEF), yang berkonsep sebagai “Rumahnya Orkestra dan Ensemble di Indonesia”.

“Kami ingin menjadi wadah bagi para pelaku musik orkestra dan ensemble Tanah Air untuk dapat saling menginspirasi dan berkenalan satu sama lain. Selain menjadi ajang untuk menampilkan berbagai komunitas musik, IOEF juga menjadi tempat bagi masyarakat untuk belajar tentang musik orkestra melalui berbagai workshop dan seminar yang dibimbing langsung oleh musisi profesional di bidang ini,” ujar Dr. Nathania Karina - Founder & Festival Director IOEF, Music Director of TRUST Orchestra (Home Orchestra IOEF).

IOEF adalah festival orkestra dan ensemble pertama dan terbesar di Asia Tenggara. Pada 13 - 15 September 2019, IOEF 2019 menampilkan 25 grup dari Indonesia dan mancanegara, 5 special show dan 4 workshop, di Taman Ismail Marzuki. 

Special show IOEF 2019 akan menghadirkan Malaysian Philharmonic Youth Orchestra (MPYO), yang merupakan salah satu orkestra remaja terbaik di Asia Tenggara, di bawah asuhan Malaysian Philharmonic Orchestra, Clarquinetdari Singapura, Gusto Saxophone Quartet dari Thailand, serta musisi orkestra kelas dunia, yaitu Julia Zulus (Oboe) & Justas Stasevkij (Piano), yang secara khusus didatangkan oleh Austrian Embassy Jakarta dari Wina.

Seluruh rangkaian acarayang diadakan selama tiga hari ini akan ditutup dengan gala konser, yaitu penampilan dari Home Orchestra IOEF, Trinity Youth Symphony Orchestra (TRUST) yang baru saja menorehkan prestasi dengan meraih Gold Award di ajang World Orchestra Festival 2019 di Wina, Austria, Agustus lalu.

IOEF 2019 berusaha menyuguhkan berbagai penampilan menarik dan workshop bermanfaat yang dapat dinikmati oleh para penikmat, serta pelaku industri musik, khususnya para peserta yang terlibat di dalamnya. 

Di tengah maraknya perkembangan grup orkestra dan ensemble saat ini, IOEF bisa menjadi "Rumahnya Orkestra dan Ensemble di Indonesia" , wadah bagi para musisi muda Indonesia untuk saling bertemu, belajar dan meramaikan dunia musik Indonesia bahkan Internasional. Festival ini diharapkan dapat menjadi tolok ukur dan motivasi bagi musisi muda Indonesia untuk terus berkarya dan meningkatkan kualitas bermusiknya.

IOEF 2019 terselenggara berkat dukungan dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Kedutaan Besar Austria di Jakarta, PT. Trinity Optima Production, Andante Music School, Musicgear Indonesia, CASIO Music Indonesia, serta Kantorkuu sebagai venue partner.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS