alexametrics

Tren Pemasaran OEM pada Tahun 2022, Apa Saja yang Harus Diperhatikan oleh Pemasar?

Vania Rossa
Tren Pemasaran OEM pada Tahun 2022, Apa Saja yang Harus Diperhatikan oleh Pemasar?
CEO AVOW, Robert Wildner. (Dok. AVOW)

Inilah tren yang perlu diketahui oleh setiap pemasar untuk mendapatkan hasil maksimal dari pemasaran OEM pada tahun 2022.

Suara.com - Salah satu tugas tim pemasaran adalah mengikuti tren terbaru yang dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan potensi pemasaran, salah satunya dengan pemasaran OEM (Original Equipment Manufacturer). Perubahan signifikan dalam industri akan menciptakan efek ombak sepanjang tahun 2022.

Panduan ini menyediakan semua informasi tentang tren apa saja yang perlu diketahui oleh setiap pemasar untuk mendapatkan hasil maksimal dari pemasaran OEM pada tahun 2022.

Menurut CEO AVOW, Robert Wildner, banyak faktor yang mendorong peningkatan pemasaran OEM oleh pengembang dan UA manager di negara Barat. Ad platforms store OEM, seperti Xiaomi, Huawei, OPPO, dan Vivo, menarik perhatian karena jangkauan mereka yang besar dan jumlah perangkat yang terjual sepanjang tahun 2021.

Tahun ini, Xiaomi menjadi produsen ponsel terlaris di Eropa, mengalahkan Samsung. Laporan Strategy Analytics menunjukkan bahwa Xiaomi mengirimkan 12,7 juta unit smartphone di Eropa di kuartal kedua – sehingga pangsa pasar perusahaan mencapai 25,3% – sementara Samsung mencatat 12 juta pengiriman dengan pangsa 24%. OEM juga mendapat manfaat dari menawarkan smartphone yang lebih terjangkau daripada Apple.

Selain itu, platform iklan OEM ini telah secara agresif mendorong pemasar Barat – tren yang diperkirakan akan berlanjut sepanjang tahun 2022. Ini mencakup beberapa peluang branding yang paling dicari di dunia, seperti penawaran eksklusif Vivo untuk menjadi sponsor smartphone resmi Piala Dunia FIFA 2022.

Hal ini memberikan banyak peluang bagi pemasar seluler dan pengembang aplikasi untuk menjangkau pengguna baru dengan meluncurkan aplikasi mereka di app store alternatif. Ini memberikan alternatif untuk channel pemasaran yang jauh lebih mahal, OEM seperti Xiaomi, Huawei, OPPO, Vivo, dan realme akan dimanfaatkan oleh pengembang di negara Barat untuk mendorong pertumbuhan sepanjang tahun.

OEM akan menantang duopoli Google dan Facebook di tahun 2022

Menurut Robert, Google dan Facebook ditantang secara agresif oleh OEM yang menawarkan app store mereka sendiri. OEM terkemuka di dunia memiliki 45% pangsa pasar dan ancaman mereka terhadap duopoli industri akan semakin kuat sebagai hasil dari inovasi berkelanjutan yang membantu brand dan pengembang dalam memanfaatkan platform iklan OEM. Ini mencakup OEM seperti Xiaomi, Huawei, OPPO, realme dan Vivo.

Selain pangsa pasar yang meningkat, OEM juga mengembangkan produk periklanan canggih yang dapat digunakan oleh pengembang dan brand guna mengakuisisi pengguna baru. Perusahaan-perusahaan ini juga mematuhi GDPR dan CPAA, sehingga mereka menjadi pilihan yang menarik bagi pemasar di negara Barat.

OEM juga mampu bersaing dengan duopoli Google dan Facebook karena harga akuisisi pengguna yang rendah, opsi iklan yang aman untuk brand, dan menawarkan alternatif bebas penipuan. Semakin banyak pengembang memilih untuk memanfaatkan kekuatan platform iklan OEM, Mitra Pengukuran Seluler (MMP), seperti Appsfyler dan Adjust, memilih untuk mengintegrasikan OEM smartphone terkemuka – memberdayakan pengembang untuk melacak pengguna dari platform tersebut.