facebook

Kurangi Sampah Plastik, ACE Gelar Aksi Bersih-bersih di Green Garden Jakarta Barat

Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah
Kurangi Sampah Plastik, ACE Gelar Aksi Bersih-bersih di Green Garden Jakarta Barat
Ilustrasi bersih-bersih taman. (Envato)

Kegiatan ini diharapkan dapat menggerakkan masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan.

Suara.com - ACE melalui Kawan Lama Foundation, yaitu yayasan yang menaungi kegiatan sosial Kawan Lama Group, melengkapi fasilitas umum kawasan Taman Kota Green Garden, Komplek Green Garden RT/RW 01/01, Kelurahan Kedoya Utara, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat pada Rabu, (25/5/2022). Kegiatan tersebut merupakan bagian dari inisiatif kampanye hijau (green campaign) ACE bertajuk “ACE Care for Environment” yang dijalankan sepanjang tahun 2022.

Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Administrasi Jakarta Barat, Djauhar Arifien menyampaikan rasa terima kasih sedalam-dalamnya atas inisiatif yang dilakukan ACE Hardware dalam melengkapi berbagai fasilitas umum di ruang terbuka hijau ini. Menurutnya, fasilitas umum yang diberikan ACE Hardware dapat meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap isu sampah plastik.

"Kiranya kehadiran fasilitas baru ini meningkatkan antusiasme masyarakat sekitar untuk beraktivitas di Taman Kota Jakarta Barat," tutur Djauhar dalam keterangan persnya pada Rabu, (25/5/2022).

General Manager Marketing ACE, Yoelius Saputra menuturkan, ACE Care for Environment merupakan green campaign ACE di tahun 2022 yang berangkat dari kepedulian terhadap kelestarian lingkungan sekitar. Selain membantu menghadirkan tempat yang nyaman untuk masyarakat beraktivitas di luar ruangan.

"Melalui program ini, ACE juga ingin mengajak masyarakat mengurangi produksi sampah plastik melalui aksi sederhana yang berdampak positif, yaitu penggunaan botol minum," ujarnya.

Pelaksanaan kegiatan di Taman Kota Green Garden Jakarta Barat dimulai dengan aksi bersih-bersih yang dilakukan oleh para pegawai ACE bersama Dinas Pertamanan Jakarta Barat. Setelah itu, kegiatan ini berlanjut ke penyerahan berbagai fasilitas yang dipasang di Taman Kota Green Garden, yaitu pemasangan lampu LED hemat energi dan Flame Light di area utama, kursi taman, tempat sampah di beberapa titik, serta papan infografis berisi ajakan kepada masyarakat tentang pentingnya penggunaan botol minum untuk mengurangi sampah plastik.

Kegiatan yang ditujukan untuk pelestarian Taman Kota ini juga tak lepas dari kontribusi para pelanggan untuk kampanye ACE Care for Environment dengan membeli botol minum eksklusif ACE.

“Antusiasme dari para pelanggan yang turut mendukung ACE Care for Environment membuat kami bersemangat untuk terus melanjutkan program ini. Setelah Taman Kota Green Garden, kami juga berencana untuk melakukan kegiatan serupa di dua kota besar lainnya yaitu Surabaya dan Makassar, pada tahun ini,” tutup Gary.

Sebagai salah satu unit bisnis Kawan Lama Group, sejak tahun 2020 ACE telah menjalankan berbagai program untuk pelestarian lingkungan, seperti penyediaan akses air bersih untuk Biau dan Fatoin - Nusa Tenggara Timur, pemasangan lampu LED dan aksi bersih-bersih di delapan kota (Aceh, Bogor, Cilegon, Cirebon, Jember, Madiun, Palembang, Tegal), serta penanaman satu juta pohon di daerah Jabodetabek, Karawang, Bandung, Tasik, Cirebon, dan Semarang. Rangkaian kegiatan tersebut merupakan perwujudan dari salah satu pilar kegiatan Kawan Lama Foundation yaitu Aksi Lingkungan, selain pilar lainnya yakni Aksi Kemanusiaan, Pendidikan dan Pengembangan Masyarakat.