Siap Berlaga di Asian Para Games 2018, Jendi Jaga Pikiran

Syaiful Rachman | Arief Apriadi
Siap Berlaga di Asian Para Games 2018, Jendi Jaga Pikiran
Atlet para renang, Jendi Pangabean ditemui di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Selasa (18/9/2018). [Suara.com/Arief Apriadi]

Selain psikis, Jendi juga terus menjaga kebugarannya.

Suara.com - Atlet para renang Indonesia, Jendi Pangabean mengaku terus mempersiapkan diri menjelang turun di Asian Para Games 2018. Diantaranya dengan menjaga kondisi fisik dan psikis.

"Sekarang persiapan kan masih pelatnas di Solo ini menuju dua minggu lagi bertanding, dan sekarang di cabor renang volume latihan kita sudah berkurang jadi kita lebih ke jaga kondisi," kata Jendi Pangabean saat ditemui di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Selasa (18/9/2018).

Jendi menjadi salah satu atlet para renang andalan Indonesia di Asian Para Games 2018. Raihan lima medali emas di Asean Para Games 2017 Malaysia menjadi bukti betapa vital peran atlet kelahiran Sugih Waras, 10 Juni 1991 tersebut bagi Indonesia.

Secara pribadi, Jendi mengaku sudah siap dari segi fisik. Selama menjalani pemusatan latihan di Solo, dirinya mengaku tak mengalami kendala apapun, hanya psikis yang harus terus di jaga.

"Kalau kendala sekarang tidak ada, paling hanya menghindari hal-hal non teknis. Kalau untuk persiapan lebih ke psikis, mental, jadi hindari hal-hal yang mengganggu pikiran," ujar Jendi.

Selama menjalani pelatnas di Solo, Jendi mengaku telah diberi bimbingan khusus terkait persiapan mental oleh para pelatih. Hal itu kata dia, dilakukan demi menjaga fokus jelang berlaga nanti.

"Seperti dari atlet sendiri kalau ada keluhan bisa disampaikan langsung ke pelatih, jangan dipendam sendiri. Kalau saya sendiri harus tetap dalam keaadan fit," ujar atlet 27 tahun tersebut.

"Kalau dari saya sendiri yang harus dihindari adalah masalah, entah itu keluarga atau hal apapun."

Lebih lanjut, Jendi berharap dirinya dan seluruh kontingen Indonesia mampu tampil maksimal di Asian Para Games 2018. Apa yang ditargetkan CdM dan pemerintah diharapkan mampu tercapai.

"Mudah-mudahan nanti kita bisa kasih yang terbaik buat Indonesia dan dari arahan tim pelatih, mudah-mudahan bisa terlaksana," tukasnya.

Sebagai informasi, di pesta olahraga difabel terbesar se-Asia ini, Jendi akan turun di enam nomor berbeda dengan rincian empat nomor individu dan dua nomor estafet.

Empat nomor individu yang diikuti Jendi adalah 50 meter gaya bebas, 100 meter gaya bebas, 100 meter gaya punggung, dan 100 meter gaya kupu-kupu. Sedangkan di nomor estafet, yang Jendi akan turun di nomor 4x100 meter gaya bebas dan 4x100 meter gaya ganti.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS